Puncak Mudik H-2 Idul Adha 1445 H Terminal Purabaya Dipadati Penumpang

Rudy Hartono - 16 June 2024
Antrian penumpang menunggu naik bus tujuan Ponorogo, Sabtu (15/6/2024). (foto:hamidiah kurnia/superradio.id)

SR, Sidoarjo – Memasuki puncak arus mudik Idul Adha 1445 H, terminal Purabaya Bungurasih tampak dipadati penumpang. Lonjakan jumlah pemudik juga terjadi sejak beberapa hari lalu.

Komandan Regu Terminal Purabaya, Ray Hendryan menyebut, hingga Sabtu (15/6/2024) siang, tercatat sekira 25ribu penumpang kembali ke kampung halaman.

Jumlah ini, lanjutnya, diperkirakan meningkat hingga 45 ribu penumpang dibanding hari-hari biasa. Terlebih, berdasarkan data Jumat (14/6/2024), tercatat satu hari sudah 40 ribu penumpang memanfaatkan armada bus untuk mudik.

“Arus mudik sesuai prediksi kita di hari ini (Sabtu,-Red). Kemarin tujuan favorit, Tulungagung, Kediri, Blitar, Ponorogo, Bojonegoro,” ujarnya saat dikonfirmasi superradio.id.

Meski demikian, pihaknya mengaku dibanding tahun lalu jumlah pemudik masih cenderung stabil.

Berbagai persiapan pun dilakukan. Mulai dari pengecekan armada bus hingga kerja sama dengan berbagai pihak. “Penambahan bus masih aman kita sediakan yang reguler masih cukup mengatur jumlah penumpang. Kalau crowded baru kita tambah armadanya,” tuturnya.

Tak hanya itu, penambahan fasilitas juga dilakukan, salah satunya e-ticketing yang sudah pada tahap sosialisasi. “Kami edukasi sistem baru kita e-ticketing jadi harus ada scan barcode untuk masuk ke gate. Rencananya kita berlakukan seperti di bandara,” ungkapnya.

Sementara itu, Supriyanto salah satu pemudik menceritakan pengalamannya saat mencoba fasilitas e-ticketing. Ia mengaku belum terbiasa namun sangat terbantu dengan petugas yang ada di sekitar.

“Ini mau ke Tulungagung. Kaget juga tiba-tiba ada yang baru disini, tapi untung petugas nya tanggap jadi bisa tanya-tanya,” ucapnya. (hk/red)

Tags: , , , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.