Puan Bahas Perdagangan Dunia Terbuka dan Adil di Forum Parlemen G20

Yovie Wicaksono - 4 November 2019
G20 Parliamentary Speaker’s Summit di Tokyo, Jepang, Senin (4/11/2019). Foto : (Istimewa)

SR, Tokyo – Di tengah ketegangan perang dagang antara China dan Amerika Serikat (AS). Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan pandangan Indonesia terkait dengan norma perdagangan dunia yang adil dan terbuka dalam pertemuan G20 Parliamentary Speaker’s Summit di Tokyo, Jepang, Senin (4/11/2019).

“Perdagangan internasional harus bisa diakses oleh semua pihak, termasuk oleh negara maju maupun negara berkembang, perusahaan besar, atau usaha kecil menengah (UMKM). Sistem perdagangan global yang inklusif harus dapat menjamin bahwa setiap orang mendapat manfaat dari perdagangan internasional,” ujar Puan.

Puan mengatakan, perdagangan bebas harus berpedoman pada kepentingan rakyat. Inovasi teknologi memberikan akses yang luas bagi setiap negara dan setiap masyarakat untuk memajukan SDM dan ekonominya.

Selain itu, komitmen SDGs harus sejalan dalam membangun kapasitas bersama dalam bidang sosial, politik, ekonomi, dan budaya yang seimbang, sehingga memberikan manfaat bagi semua pihak.

Sekedar informasi, G20 Parliamentary Speaker’s Summit di Tokyo memberikan kesempatan bagi Ketua Parlemen negara G20 untuk bertukar pikiran tentang upaya yang telah dilakukan guna meningkatkan kerja sama internasional dalam menanggulangi tantangan yang dihadapi masyarakat.

Dalam pertemuan tersebut terdapat 3 sesi yang membahas mengenai tatanan perdagangan, inovasi teknologi, dan perkembangan SDGs. Indonesia mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan pandangannya sebagai keynote speaker pada sesi SDGs dan memberikan catatan intervensi pada sesi lainnya.

Puan membawakan makalah berjudul: “Efforts towards Resolution of Global Challenges and Achievements of the SDGs (Financing for Development, Need for Transparent and Effective Government.

“DPR RI telah membentuk Panja Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Pengalaman-pengalam kita saya share di depan para pemimpin parlemen negara-negara maju yang tergabung dalam G20,” ujarnya.

Menurut Puan, DPR RI telah menyelenggarakan the World Parliamentary Forum on Sustainable Development (WPFSD) selama 3 tahun berturut-turut.

“Kita mendorong parlemen negara-negara di dunia untuk terlibat aktif dalam kesuksesan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan,” jelas Puan. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.