PMI Nyatakan Siap Sediakan Plasma bagi Pasien Covid-19

Yovie Wicaksono - 17 June 2020
Ilustrasi. Foto : (Reuters)

SR, Surabaya – Palang Merah Indonesia (PMI) menyatakan siap menyediakan plasma untuk konvalesen sebagai terapi penyembuhan bagi pasien yang terkonfirmasi positif terinfeksi virus corona (Covid-19).

Melansir Antara, Ketua Umum PMI Jusuf Kalla memastikan telah menggalang donor plasma dari para pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh di seluruh Tanah Air untuk selanjutnya disalurkan ke berbagai rumah sakit yang membutuhkan. 

“Donor yang terkumpul akan diseleksi untuk selanjutnya disalurkan dan digunakan sebagai terapi plasma konvalesen bagi pasien Covid-19 di berbagai rumah sakit rujukan,” kata Jusuf Kalla di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu (17/6/2020).

Metode penyembuhan ini menggunakan antibodi dari plasma darah pasien yang telah terkonversi negatif atau sembuh dari Covid-19.

Kendati terbukti mujarab karena telah menyembuhkan banyak pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19, terapi plasma konvalesen hingga kini masih dalam tahap clinical trial.

Namun, sudah terbukti aman digunakan karena telah dipakai sebagai metode penyembuhan pasien Covid-19 di berbagai negara, termasuk di Wuhan, China, serta Italia dan Amerika Serikat. 

“Donor plasma di Jawa Timur sudah berjalan. Apalagi di sini ada Universitas Airlangga yang selama ini sudah sangat aktif membantu percepatan penanganan Covid-19,” ucap mantan Wakil Presiden Republik Indonesia itu. (*/ant/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.