Peserta KIP Kuliah Bisa Mendaftar Jalur Mandiri di Unair

Yovie Wicaksono - 18 June 2021
Logo Unair

SR, Surabaya – Universitas Airlangga (Unair) memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa baru yang tidak diterima mengikuti seleksi melalui jalur SNMPTN maupun SBMPTN melalui jalur Mandiri.

Terbaru, pada jalur Mandiri tahun 2021 peserta dengan pemegang Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) dapat mengikuti seleksi pendaftaran. Pernyataan itu diungkapkan oleh Rektor Unair, Prof Moh Nasih.

Prof Nasih mengatakan bahwa Unair membuka kesempatan seluas-luasnya untuk para calon mahasiswa yang memiliki kendala dalam hal finansial. Pihaknya menekankan bahwa finansial tidak menjadi hambatan seseorang untuk bisa menempuh pendidikan di Unair.

“Unair sangat berkomitmen untuk memfasilitasi mahasiswa yang memiliki potensi di bidang akademik namun terkendala ekonomi atau biasa,” ungkap Prof Nasih.

Terkait dengan pendaftaran mahasiswa jalur Mandiri itu, Ketua Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Unair Dr. Achmad Solihin pada Jumat (18/6/2021) mengungkapkan bahwa pendaftaran masih dibuka hingga 20 Juni 2021.

“Kami masih memberi kesempatan kepada siswa-siswi yang kemarin belum beruntung di SNMPTN atau SBMPTN, bisa mendaftar pada jalur Mandiri,” terang Solihin.

Pembukaan pendaftaran untuk peserta KIP-K pada jalur Mandiri ini dikarenakan kuota KIP-K pada jalur SNMPTN dan SBMPTN belum terpenuhi. Jalur Mandiri 2021 Unair dibuka untuk semua program studi (prodi) S1 yang berjumlah 44 prodi.

Pada jalur Mandiri ini, lanjut Solihin, peserta dengan KIP-K tidak dikenakan biaya pendaftaran. Namun, peserta KIP-K yang telah melakukan pendaftaran dan telah melakukan pembayaran, biaya tidak dapat ditarik ulang. Jika lolos penerimaan mahasiswa baru, seleksi pembiayaan kuliah peserta dengan KIP-K akan dilakukan oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik).

Mahasiswa yang telah mendaftar jalur Mandiri dijadwalkan untuk mengikuti tes tulis pada 26-29 Juni 2021 di Surabaya. Materi yang akan diujikan yaitu Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA).

“Secepatnya segera melakukan proses pendaftaran karena akan ditutup pada 20 Juni pukul 23.59 WIB. Segerakan. Jangan mendaftar di akhir waktu, misal terjadi kepadatan jaringan atau kurang berkas nanti tidak ada kesempatan untuk memperbaiki,” katanya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.