Pentingnya Mendidik Diri Sendiri

Yovie Wicaksono - 12 October 2019
Soesilo Toer dalam Seminar Nasional Kebhinekaan bertajuk Mengingat dan Mengenali Kebhinekaan di Tangan Pemilik Masa Depan di Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Sabtu (12/10/2019). Foto : (Super Radio/Fena Olyvira)

SR, Surabaya – Soesilo Toer mengingatkan generasi muda akan pentingnya mendidik diri sendiri melalui berbagai pengalaman hidup.

“Anda pintar itu didikan dari sekolah, cerdas dari keluarga dan masyarakat. Kalau anda mendidik diri sendiri melalui berbagai pengalaman hidup, maka anda akan menjadi manusia ulet dan tidak mudah menyerah,” ujarnya dalam Seminar Nasional Kebhinekaan bertajuk Mengingat dan Mengenali Kebhinekaan di Tangan Pemilik Masa Depan di Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Sabtu (12/10/2019).

Adik Sastrawan Pramoedya Ananta Toer ini menambahkan, sebagai generasi muda, harus memiliki keberanian, minat baca yang tinggi, dan menjadikan apapun yang dilihat dan didengar sebagai pelajaran hidup, tentunya setelah difilter terlebih dahulu.

“Banyaklah membaca, karena setiap buku pasti ada manfaatnya. Dengan membaca, anda akan mendapatkan banyak pelajaran untuk diri sendiri maupun untuk bangsa dan negara. Sayangnya budaya membaca sekarang diganti dengan budaya handphone,” imbuhnya.

Pria yang akrab disapa Soes ini juga merefleksikan hidup dalam berbangsa kepada generasi muda.

“Kita harus mencari apa yang bisa menyatukan generasi muda, tanya pada diri anda sendiri apa yang bisa anda lakukan. Kadang kita banyak menuntut, tapi kita belum memberikan apa-apa. Jangan berpikir apa yang dijanjikan negara untuk anda, pikirkan apa yang bisa anda sumbangkan untuk negara,” ujarnya.

Ia menambahkan, bahasa merupakan hal yang sangat penting, karena mampu membangun maupun menghancurkan sesuatu.

“Bahasa adalah senjata, karena dari bahasa kita bisa membangun dan menghancurkan sesuatu,” tandasnya. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.