Pemkot Kediri Antisipasi Virus Corona

Yovie Wicaksono - 30 January 2020
Ilustrasi

SR, Kediri – Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri melalui Dinas Kesehatan Kota Kediri, Jawa Timur, melakukan upaya antisipasi maupun pencegahan (preventif) penularan virus corona.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri, Fauzan Adima mengatakan, upaya preventif yang sudah dilakukan antara lain adalah melakukan koordinasi dengan sejumlah rumah sakit dan UPTD Puskesmas se-Kota Kediri terkait fasilitas pelayanan kesehatan.

Kemudian melakukan surveilans aktif rumah sakit untuk langkah-langkah antisipasi, monitoring dan koordinasi perkembangan melalui informasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur serta menunjuk RSUD Gambiran Kota Kediri sebagai rujukan untuk penanganan pasien suspek virus corona.

“Ini adalah upaya antisipasi agar Kota Kediri yang punya potensi bisa diminimalisir,” jelas mantan dokter tim sepak bola Persik Kediri ini.

“Semua berpotensi baik itu yang banyak TKI, maupun tidak. Karena sekarang tingkat mobilitas orang Indonesia relatif tinggi. Artinya semuanya punya potensi. Terkait Kota Kediri, juga berpotensi,” imbuhnya.

Disamping telah mengambil kebijakan upaya pencegahan, Pemerintah Kota Kediri juga memberikan imbauan ataupun saran kepada masyarakat agar tetap tenang, tidak panik, namun tetap waspada terutama apabila mengalami gejala demam, batuk disertai kesulitan untuk bernafas.

Masyarakat juga diimbau untuk menghindari menyentuh hewan jenis unggas maupun hewan liar, serta jika kembali dari daerah outbreak segera konsultasi ke dokter apabila terdapat gejala demam atau gejala lain, serta beritahu tim medis terkait riwayat perjalanan dan gunakan masker untuk mencegah penularan penyakit. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.