Pemkot Kediri Akomodir Penyandang Disabilitas Jadi Calon PNS

Yovie Wicaksono - 15 November 2019
Ilustrasi.

SR, Kediri – Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri telah membuka kesempatan kerja untuk calon Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pendaftaran tersebut dibuka sejak Senin (11/11/2019) lalu melalui sistem online sscn.bkn.go.id

Formasi yang dibutuhkan yakni sebanyak 147 pegawai, dengan rincian 101 untuk tenaga kesehatan, 43 tenaga teknis. Tidak hanya itu, Pemkot Kediri juga memberi kesempatan yang sama  bagi kaum disabilitas untuk ikut berpartisipasi mendaftar menjadi calon PNS.

Untuk penyandang disabilitas sendiri, diberi kuota sebanyak 6 orang yang terdiri dari 3 formasi khusus dan 3 formasi umum.

Tingkatan  disabilitas ada ketentuan yang harus dipenuhi dan nanti akan ada seleksi oleh pihak berkompeten guna menentukan  apakah sudah memenuhi syarat atau belum.

Kabag Humas Pemkot Kediri, Apip Permana mengatakan, pengumuman akan dilakukan secara terbuka melalui portal SSCASN dan portal Badan Kepegawaian Daerah Kota Kediri.

Seleksi kompetensi dasar ini dilaksanakan pada bulan Februari 2020, disusul kemudian seleksi kompetensi bidang bulan Maret dan puncaknya pengumuman penerimaan peserta yang lulus seleksi pada bulan April.

“Kita kan mengusulkan ke pusat melalui Menpan. Kemudian dikaji dan memang yang dibutuhkan ini tenaga kesehatan dan teknis,” ujar Apip Permana, Kamis (14/11/2019).

Sementara itu, Ketua Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia Provinsi Jawa Timur, Munawaroh menyambut baik itikad dari Pemkot Kediri untuk memberikan kesempatan bagi kaum penyandang disabilitas menjadi PNS.

“Ini kan seperti janji pak Wali dulu,” ujarnya.

Bersamaan dengan dibukanya pendaftaran CPNS 2019, pelayanan pengurusan administrasi untuk SKCK di Polres Kediri Kota mengalami kenaikan jika dibandingkan bulan sebelumnya.

Data yang dihimpun dari Kasubag Humas Polres Kediri Kota AKP Kamsudi menyebutkan, pada September 2019 lalu jumlah pengurusan SKCK untuk keperluan pendaftaran CPNS mencapai 171 orang.

Jumlah ini kemudian bertambah memasuki Oktober 2019  terutama mendekati dibukanya pendaftaran CPNS. Tercatat pada bulan Oktober Polres Kediri Kota melayani pembuatan SKCK untuk keperluan pendaftaran CPNS mencapai 382 orang.

“Data yang masuk ke kami, orang yang datang untuk mengurus SKCK pada bulan Oktober lalu mengalami peningkatan. Sementara untuk bulan November kita masih belum mengantongi data,” Terang AKP Kamsudi. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.