Pelajar Kediri Donasikan Buku Bacaan

Yovie Wicaksono - 16 November 2019
Anak Taman Kanak-Kanak Mendonasikan Buku Bacaannya di Taman Hutan Joyoboyo, Kota Kediri, Minggu (16/11/2019). Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Ratusan pelajar se-Kota Kediri dari berbagai tingkat pendidikan, mendatangi Taman Hutan Joyoboyo, Kota Kediri, Sabtu (16/11/2019).

Tujuan kedatangan mereka adalah untuk mendonasikan buku bacaan yang mereka miliki kepada Dinas Kearsipan Perpustakaan Kota Kediri.

Buku bacaan milik pelajar dan masyarakat umum ini, tidak hanya sekedar untuk diberikan, melainkan ditukar dengan souvenir yang telah disiapkan oleh Dinas Kearsipan Perpustakaan.

“Untuk Taman Kanak-kanak (TK), kita siapkan souvenir 120 kotak makan. Sementara bagi pelajar, ada 800 botol minuman,” ujar salah satu panitia acara.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kearsipan Perpustakaan Kota Kediri, Enny Endarjati mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menarik minat baca masyarakat terutama anak-anak.

“Serta menumbuhkan sikap kepedulian terhadap buku yang dimiliki bisa dibagikan, tukar menukar dengan pelajar lainnya. Setelah selesai dibaca, nanti bisa diserahkan ke Pihak Dinas Kearsipan Perpustakaan,” ujarnya.

Selesai terkumpul, buku-buku ini nantinya didistribusikan ke taman baca yang ada di masyarakat dan kelurahan.

Sementara itu, Kasi Informatika Perpustakaan Kota Kediri Arif Biantoro mengungkapkan, target dalam kegiatan ini adalah bisa mengumpulkan 1000 buku. Karena itu, kegiatan ini digagas dengan mengambil tema Kegiatan Pengembangan Budaya Baca, Seribu Buku untuk Kota Kediri.

Diakuinya saat ini Dinas Kearsipan Perpustakaan masih kekurangan untuk memberikan kontribusi buku bacaan kepada masyarakat.

Lebih lanjut ia menjelaskan jika taman baca yang ada sekarang telah tersebar di sejumlah wilayah ini baru berjumlah 35.

“Bukan hanya di kelurahan, buku juga didistribusikan ke taman baca dan komunitas komunitas itu. Selama ini memang kami, masih kekurangan untuk memberikan kontribusi buku kepada masyarakat,” ujarnya.

Koleksi buku yang dimiliki Dinas Kearsipan Perpustakaan Kota Kediri saat ini mencapai kurang lebih 6 ribu. Arif Biantoro menganggap jumlah itu masih dirasa kurang.

“Koleksi perpustakaan 6 ribuan kalau nggak salah. Standarnya 8 ribu sampai 10 ribu seharusnya,” ujarnya.

Jenis kategori buku di perpustakaan yang paling banyak diminati adalah mengenai Teknologi dan Informasi.

Sekedar informasi, anggaran pengadaan buku bacaan di Kota Kediri pada 2019 ini mencapai kisaran 200 juta. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.