PDI Perjuangan Banyuwangi Serahkan Bantuan Sembako untuk Masyarakat Terdampak Covid-19 

Yovie Wicaksono - 16 April 2020
Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Banyuwangi dan Fraksi PDI Perjuangan DPRD Banyuwangi Menyerahkan Paket Bantuan Kepada Perwakilan Pengurus PAC Se Kabupaten Banyuwangi. Foto : (Super Radio/Fransiscus Wawan)

SR, Banyuwangi – DPC PDI Perjuangan Kabupaten Banyuwangi menyerahan bantuan berupa sembako, masker dan gentong cuci tangan di Desa Olehsari, Kecamatan Glagah, Kamis (16/4/2020).

Penyerahan secara simbolis yang di lakukan oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Banyuwangi I Made Cahyana Negara kepada perwakilan warga ini juga melibatkan beberapa lembaga swadaya masyarakat (LSM) seperti Rejowangi, Aliansi Rakyat Banyuwangi dan Laskar Merah Putih. 

Acara ini mendapatkan apresiasi dari warga yang berterimakasih kepada PDI Perjuangan atas bantuan yang di berikan. 

Setelah acara penyerahan secara simbolis, di lakukan juga edukasi bagi warga dengan berkeliling desa di Kecamatan Glagah untuk menyampaikan pentingnya mematuhi protokol kesehatan penanganan Covid-19 kepada masyarakat. 

Sementara itu ditempat yang berbeda, I Made Cahyana Negara juga menyerahkan paket sembako, yang terdiri dari beras 5 kilogram, masker, dan sabun cuci tangan kepada pengurus seluruh Pengurus Anak Cabang (PAC) PDI Perjuangan se-Kabupaten Banyuwangi untuk segera didistribusikan ke masyarakat. 

Penyerahan paket sembako ini juga dihadiri oleh Sekretaris DPC PDI Perjuangan Banyuwangi, Ficky Septalinda yang juga ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Banyuwangi, beserta seluruh jajaran pengurus DPC lainnya.

Selain menyerahkan paket sembako, I Made Cahyana Negara juga menyerahkan padasan (peralatan cuci tangan) kepada perwakilan pengurus PAC untuk segera dipasang di tempat-tempat umum, guna memberikan edukasi pada masyarakat, pentingnya cuci tangan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Hari ini DPC PDI Perjuangan Kabupaten Banyuwangi dan PAC PDI PERJUANGAN se-Kabupatan membagikan sembako dan masker serta gentong cuci tangan sebagai perwujudan gotong royong dari PDI Perjuangan seperti yang di sampaikan Bung Karno,” ujar I Made Cahyana Negara.

Ia mengatakan, kegiatan rutin ini sudah beberapa kali dilaksanakan oleh PDI Perjuangan, mulai dari pembagian jamu rempah-rempah, masker dan beras kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Hingga saat ini, kegiatan tersebut terus berlangsung dengan menambahkan jumlah stok beras, sabun cuci tangan dan juga Padasan.

“Awal kegiatan DPC PDI Perjuangan membagikan 5 ton beras, dan pada tahap kedua saat ini, kami akan membagikan 7,5 ton beras kepada masyarakat yang terdampak covid-19. Semua ini, mulai dari beras, jamu rempah-rempah, sabun cuci tangan, masker dan Padasan merupakan hasil patungan dari seluruh kader PDI Perjuangan. Karena kepedulian dan gotong royong inilah yang kami terapkan untuk berbagi kepada masyarakat,” katanya.

Terkait mekanisme pendistribusian dan pembagian sembako, masker dan juga sabun cuci tangan, nantinya akan dilaksanakan oleh para ketua PAC di wilayah mereka masing-masing. Begitu juga dengan anggota fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Banyuwangi.

“Harapannya, para pengurus PAC dan juga anggota Fraksi PDI Perjuangan Banyuwangi juga ikut memberikan edukasi pada masyarakat terkait pentingnya Social Distancing dan Physical Distancing. Juga bagaimana hidup bersih, untuk rajin cuci tangan. Karena hal ini yang mampu menghambat penyebaran covid-19,”  tambahnya.

Kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh DPC PDI Perjuangan ini diharapkan mampu meringankan beban dari masyarakat yang terdampak Covid-19. Meskipun tidak besar bantuannya, tapi harapannya bisa berguna untuk masyarakat. (wan/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.