Parade Budaya dan Mobil Hias Kabupaten Kediri, Usung Tema Panji Balik Kampung

Yovie Wicaksono - 8 July 2019
Parade Budaya 2019, di Kabupaten Kediri, Minggu (7/7/2019). Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Bupati Kediri Haryanti Sutrisno memberangkatkan secara langsung 40 kontingen dari berbagai daerah yang ikut ambil bagian dalam Parade Budaya 2019, Minggu (7/7/2019). Parade budaya tahun ini, mengambil start di depan kantor Pemerintah Kabupaten Kediri di Jalan Soekarno Hatta, Kecamatan Ngasem.

Dalam sambutannya,  Bupati Kediri mengatakan, pelaksanaan Parade Budaya ini merupakan acara pembuka dari rangkaian kegiatan Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri yang dilangsungkan mulai 7 -13 Juli 2019.

“Ini akan ditandai dengan parade mobil hias, kemudian rombongan kesenian. Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang sudah berpartisasi,” ujar Bupati Kediri, Minggu (7/7/2019). Tidak lupa, Bupati Kediri juga berterima kasih kepada kontingen lain dari luar daerah seperti Bali, serta pemerintah daerah tetangga.

Kontingen yang ikut ambil bagian dalam Parade Budaya dan Mobil Hias ini bukan hanya dari struktur lembaga pemerintahan melainkan juga dari perbankan dan perusahaan swasta.

Pada event kali  ini, pihak panitia penyelenggara telah merubah rute perjalanan yang jarak tempuhnya lebih jauh jika dibandingkan pergelaran  sebelumnya. Tujuan ditambahnya rute perjalanan ini, dimaksudkan agar masyarakat yang ada di Kecamatan Pare dan Kecamatan Gurah dapat menyaksikannya secara langsung.

“Pada tahun ini, mobil hias sangat bagus sekali sehingga kita merasa sayang kalau hanya berjalan dari sini ke SLG. Karena itu kita teruskan sampai Pare melewati Kecamatan Gurah ini supaya masyarakat di Pare mengetahuinya,” sambungnya.

Pada penyelenggaraan Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri kali ini mengusung tema Panji Balik Kampung, dimana ini merupakan wujud cerita panji yang sudah ditetapkan oleh Unesco sebagai Memory Of the World.

Tentunya dengan semangat “Nyawi Hanyekuyung Kadiri, Hanggayuh Mukti” yang merupakan gambaran dari penyatuan hati, jiwa, cipta rasa dan karsa dari berbagai elemen untuk menggapai cita-cita Kediri Mulia Sejahtera.

Sementara itu, salah satu kontingen dari perusahaan swasta PT Gudang Garam Tbk, ikut ambil bagian dalam Parade Pekan  Budaya dan Mobil Hias tahun ini dengan tema Wonderland of Java.

Kepala Bidang Humas PT Gudang Garam Tbk, Ihwan Tri Cahyono mengatakan, secara filosofi tema ini mengandung makna kebesaran nama Kerajaan Kadiri nan megah dengan taman sari kerajaan yang indah anggun dan asri. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.