Merayakan Kemenangan Keberagaman

Yovie Wicaksono - 13 May 2021

SR, Surabaya – Hidup rukun berdampingan dan saling toleransi di tengah perbedaan keyakinan terlihat dalam kehidupan warga di Perumahan Royal Residence, Wiyung, Surabaya. Disana terdapat 6 tempat ibadah mulai dari Masjid, Gereja Katolik dan Kristen Protestan, Klenteng, Vihara hingga Pura.

Tepat 06.00 WIB, Kamis (13/5/2021), umat muslim di wilayah setempat menggelar salat Idulfitri secara terbatas di Masjid Muhajirin, satu diantara enam tempat ibadah yang ada disana.

Masjid yang dalam kondisi normal berkapasitas 400 orang ini, sekarang hanya bisa menampung 250 orang, mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Selang beberapa jam kemudian, tepat pukul 10.00 WIB, giliran umat katolik yang melaksanakan misa Kenaikan Isa Almasih secara terbatas di Kapel Santo Yustinus, yang masih dalam satu lokasi dengan Masjid Muhajirin.

Dengan dipimpin oleh RD Matheus Suwarno, jemaat terlihat khidmat mengikuti misa yang berlangsung selama kurang lebih satu jam ini.

Sugianto, pengurus Kapel Santo Yustinus mengatakan, pada umumnya masyarakat setempat memiliki rasa toleransi yang cukup tinggi.

“Kita mengatur jadwal ibadah supaya semua jemaat di masing-masing agama bisa melaksanakan ibadahnya dan tidak mengganggu jemaat yang lain,” ujarnya.

“Kita sudah buatkan jadwal misa, disini jam 10 pagi. Kalau misalkan ada jemaat agama lain yang jam nya sama menjalankan ibadah, kita biasanya toleransi dengan mengganti misa pada sorenya atau Sabtunya,” imbuhnya.

Untuk tetap menjaga kebersamaan tanpa mengganggu peribadatan masing-masing umat, ada beberapa kesepakatan warga. Misalkan, meski masjid berpengeras suara, namun itu hanya digunakan untuk adzan saja. Di luar itu, masjid hanya menggunakan pengeras suara yang ada di dalam masjid. Demikian juga dengan gereja maupun tempat ibadah lainnya, meski terdapat lonceng, namun tidak pernah dibunyikan.

Sekadar informasi, pada 13 Mei 2021, umat Islam dan Kristen serta Katolik memperingati hari besar secara bersamaan. Dimana umat Islam merayakan hari raya Idulfitri, sedangkan umat Nasrani memperingati Kenaikan Isa Almasih. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.