Menu Makan Siang yang Harus Dihindari

Yovie Wicaksono - 14 September 2020
Ilustrasi. Foto : (Shemazing)

SR, Surabaya – Makan siang bukan hanya sekadar mengisi perut hingga kenyang. Memilih menu makan siang sebaiknya tak sembarangan. Tak hanya kuantitas, kualitas makan juga harus diperhatikan.

Tapi sayangnya tak sedikit orang mengonsumsi menu makan siang yang tidak sehat dengan alasan praktis. Padahal jika penuh lemak jahat dan pengawet, tentu akan membuat Anda tidak berenergi serta mudah sakit.

Melansir klikdokter, berikut rincian menu makan siang yang perlu Anda hindari :

1. Pasta

Setelah memakan semangkuk penuh pasta, Anda tentunya akan merasa kenyang dan bahagia. Namun, mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan juga akan membuat Anda mengantuk dan ingin tidur.

Jadi, usahakan untuk tidak mengonsumsi pasta saat makan siang. Apalagi jika Anda harus bekerja setelah makan siang.

2. Lauk Sisa Semalam

Anda mungkin merasa bersalah menyia-nyiakan makanan yang masih tersisa. Namun, jika makanan sisa tersebut disimpan dalam wadah yang tidak tepat, justru bisa membuatnya terkontaminasi kuman selama penyimpanan. Alhasil, Anda bisa mengalami masalah kesehatan setelahnya.

3. Paket Hamburger dan Kentang

Tentu, kedua makanan cepat saji ini praktis dan mudah didapat. Namun, Anda tidak akan menyadari betapa banyak kalori yang sudah dikonsumsi dalam satu hari itu.

Tak hanya itu, lemak jahat yang terkandung dalam minyak, daging, serta sausnya akan berdampak buruk pada pembuluh darah arteri serta meningkatkan risiko penyakit jantung.

4. Sandwich yang Dijual di Minimarket

Meski kandungannya tampak sehat, seperti daging kalkun, keju, dan roti gandum, Anda tidak tahu berapa lamasandwichtersebut telah tersimpan pada etalase kulkas. Tentunya membutuhkan pengawet agar tetap “segar”, kan? Ekstra lemak yang ada di dalamnya juga tidak dapat Anda kontrol, seperti yang terdapat dalam mayones atau keju.

5. Sup Sayur

Sup yang berbahan dasar sayur dengan kaldu, rendah akan kalori dan memiliki banyak nutrisi. Namun, sup ini tidak memiliki protein sehingga Anda tidak akan kenyang lama.

Ketika perut Anda berbunyi kembali sejam kemudian, Anda mungkin ingin menyantap sesuatu yang mengenyangkan sehingga bisa menambah asupan kalori total dalam hari tersebut.

6. Garden Salad

Semangkuk selada, wortel dan crouton tidaklah cukup untuk makan siang. Sama halnya dengan sup sayuran, rendahnya protein di dalamnya tidak akan mengenyangkan hingga waktu makan malam tiba.

Setidaknya tambahkan alpukat, kacang, dan protein seperti ayam atau salmon agar menjadi menu makan siang yang sehat.

7. Sepotong Kue

Godaan untuk menyimpan kalori dengan melewatkan makan siang yang benar agar Anda dapat menikmati sepotong kue manis tidaklah baik. Nutrisi sehat yang ditawarkan tidak ada. Selain itu, gula serta tepung yang terkandung di dalamnya akan membuat gula darah meningkat tiba-tiba namun akan menurun tidak lama setelahnya.

8. Pizza

Meski praktis dan lezat, tapi Anda disarankan tidak terlalu sering mengonsumsi pizza yang dijual di restoran cepat saji. Ini karena bahan-bahan yang digunakan biasanya kurang baik untuk kesehatan tubuh.

Adonan rotinya dibuat dari tepung gandum yang sudah diproses, begitu pula dengan daging untuk topping yang digunakan—juga diproses, tinggi garam, serta tinggi pengawet. Belum lagi kandungan kalorinya yang bisa merusak program diet Anda.

9. Minuman Manis

Di siang hari, siapa pun akan mudah tergoda untuk meminum minuman manis, seperti soda, milk tea dengan bubble, maupun sesederhana es teh manis.

Hati-hati apabila hanya ini yang Anda konsumsi saat makan siang, atau apabila Anda meminumnya secara berlebihan. Efeknya akan mirip dengan memakan kue saja di siang hari.

10. Buah

Meskipun buah memberi banyak nutrisi, kebanyakan mengonsumsi buah untuk makan siang bisa meningkatkan kadar gula darah Anda. Selain itu, buah untuk menu makan siang juga tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat dan protein Anda dalam sehari.

Apabila Anda terburu-buru, buatlah smoothie yang diperkaya dengan sayuran kaya serat, protein seperti yoghurt, dan lemak baik seperti dari alpukat.

Usahakan untuk memilih menu makan siang yang sehat setiap harinya. Perhatikan kualitas dibandingkan kuantitasnya. Dengan demikian, Anda akan lebih berenergi dalam beraktivitas, sekaligus menjaga kesehatan secara jangka panjang. (*/red)

 

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.