Menkominfo Pastikan Server PDN Diserang Virus Lockbit 3.02

Rudy Hartono - 24 June 2024
Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, tiba di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (24/6/2024), untuk mengikuti Sidang Kabinet Paripurna. (foto:rri)

SR, Jakarta – Server Pusat Data Nasional (PDN) dipastikan mengalami gangguan akibat serangan virus Lockbit 3.02. Demikian disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, di Istana Negara, Senin (24/6/2024).

“Ini serangan Lockbit 3.02,” ujarnya singkat. Mengenai penjelasan lengkapnya, menurut Menkominfo, disampaikan oleh adan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Budi mengaku tidak dapat mendengarkan penjelasan BSSN karena harus segera ke Istana menghadiri Sidang Kabinet Paripurna. “Tadi mereka konferensi pers di Kemkominfo tetapi saya tinggal karena harus ke sini,” ujarnya.

Menurut Menkominfo, pihak peretas PDN meminta tebusan permintaan hingga USD8 Juta. Namun, sekali lagi dia tidak menjelaskan lebih jauh karena sudah ditunggu mengikuti Sidang Paripurna.

Lockbit 3.02 merupakan salah satu peretas yang aktif sejak 2019 yang awalnya dikenal sebagai ABCD milik grup ransomware. Sebelumnya kelompok peretas ini sempat berusaha menginfeksi bank Syariah indonesia dengan mengunakan ransomware-as-a-Service (RaaS).(*/rri/red)

Tags: , , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.