Mengenal 7 Rumah Adat di Jawa Timur

Yovie Wicaksono - 5 January 2023

SR, Surabaya – Sebagian besar masyarakat mengetahui bahwa rumah joglo merupakan rumah adat yang ada di Jawa Timur (Jatim). Namun selain rumah joglo, Jatim juga memiliki banyak rumah adat.

Berikut macam-macam rumah adat di Jawa Timur yang dilansir dari berbagai sumber :

1. Rumah Adat Joglo

Desain rumah joglo begitu khas dengan bentuk limas dan bangunan yang berasal dari kayu jati. Bangunan dan pondasi rumah joglo sangat erat kaitannya dengan kepercayaan kejawen yang dianut masyarakat Jawa.

2. Rumah Adat Osing

Rumah adat Osing berasal dari timur Pulau Jawa, lebih tepatnya di Banyuwangi yang berbatasan langsung dengan Selat Bali. Rumah adat Osing ini terbagi menjadi tiga bagian di setiap bangunannya, seperti Tikel Balung, Baresan, dan Crocogan.

3. Rumah Adat Joglo Sinom

Berbeda dengan rumah adat joglo, rumah adat joglo sinom memiliki konsep teras keliling dan di setiap sisinya dibuat tinggi dan bertingkat.

4. Rumah Adat Suku Tengger

Rumah adat suku Tengger memiliki keunikan pada atapnya yang tinggi, bertumpuk, dan meruncing. Di bagian depan rumah terdapat tempat duduk yang disebut bale-bale. 

Rumah adat suku Tengger berkonsep tidak teratur dan dibangun secara gerombolan (berdekatan antara satu sama lain). Masyarakat suku Tengger percaya, dengan menggunakan pola ini maka angin tidak akan menerjang rumah karena terhalang oleh rumah lain yang dibangun berdekatan.

5. Rumah Adat Limasan Lambang Sari

Rumah adat ini memiliki bentuk yang unik dibandingkan rumah adat lainnya, yaitu memiliki bentuk limas atau persegi panjang, atapnya juga berbentuk seperti balok penyambung. Pondasi rumah adat ini berbentuk umpak atau tiang bangunan terbuat dari batu, dengan purus di tengah tiang bagian bawah untuk mengunci tiang bangunan.

6. Rumah Adat Limas Trajumas Lawakan

Rumah adat limas trajumas lawakan merupakan salah satu rumah adat limasan trajumas yang sudah di model dan dimodifikasi. Bedanya adalah, di rumah adat ini terdapat bale-bale atau emperan di sekeliling rumah.

7. Rumah Adat Dhurung

Rumah adat dhurung memiliki pondasi berbentuk gubuk, bagian atapnya juga dibuat dari daun pohan atau dheun. Kebanyakan rumah adat ini digunakan sebagai tempat beristirahat dan bersosialisasi. Rumah adat ini bisa ditemukan di Kecamatan Sangkapura dan Kecamatan Tambak, sampai dengan Kabupaten Gresik. (*/vi/red)

Tags: ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.