Melalui Lukisan, Woro Sampaikan Kehebatan Perempuan

Yovie Wicaksono - 26 April 2019
Pengunjung sedang melihat salah satu karya Woro Indah Lestari yang berjudul "Mengejar Kultur", di Galeri Prabangkara, Jumat (26/4/2019). Foto : (Super Radio/Fena Olyvira)

SR, Surabaya – Dalam rangka memperingati Hari Kartini 2019, perupa asal Jawa Timur, Woro Indah Lestari menghadirkan dua karyanya yang berjudul Born of Inspiration dan Mengeja Kultur dalam Pameran yang bertajuk Warna Perempuan #Kartinian di Galeri Prabangkara UPT Taman Budaya Jawa Timur, Jumat (26/4/2019).

Dalam dua karyanya, Woro menggambarkan sosok perempuan tanpa rambut dengan tubuh yang dipenuhi sulur sebagai gambaran bahwa kecantikan perempuan bukan dari rupanya, namun dari inner beauty yang terlihat dari gesture tubuhnya.

Lukisan  Born of Inspiration menggambarkan sosok perempuan tersebut berada dalam tembok-tembok yang membatasinya, namun ia memiliki lampu dibalik badannya.

“Dalam lukisan Born of Inspiration ini saya ingin menyampaikan bahwa perempuan itu memiliki pemikiran atau ide yang sangat luas sekalipun dia berada ditempat yang terbatas. Kemampuan yang melebihi batasan itu sendiri,” ujar perupa 38 tahun ini.

Sedangkan dalam lukisan Mengeja Kultur, Woro menggambarkan sosok perempuan yang berada diatas pohon dengan posisi terbalik dengan berbagai sentuhan kultur Jawa.

“Perempuan itu memiliki kebijakan dalam mengeja kultur, tradisi, atau budaya, karena dia mengamati dulu, memfilter, baru menuangkannya dengan caranya sendiri,” ujar perempuan yang pernah mengikuti pameran lukis hingga Italy ini.

Sedangkan posisi perempuan terbalik menggambarkan bahwa dalam melihat sesuatu, perempuan melihatnya dengan sisi yang berbeda. “Perempuan melihat dari sudut pandang yang terkadang orang lain tidak menyangka, tapi ternyata dia memiliki tingkat inteligensi yang kuat. Kadang kan orang melihat perempuan itu sebelah mata, padahal sebenarnya pemikiran perempuan itu memiliki sesuatu yang hebat,” tandasnya.

Masing-masing lukisan, Woro mengaku membutuhkan waktu 14 hari pengerjaan. Karena melukis adalah jiwanya, Woro membuat lukisan tersebut dengan senang hati, tanpa merasa kesulitan.

Sekedar informasi, Pameran bertajuk Warna Perempuan #Kartinian ini menghadirkan 40 lukisan dari 20 perupa di Jawa Timur, sejak 23 April 2019 hingga 27 April 2019.  (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.