Malam Tirakatan di Kampung Surabaya

Yovie Wicaksono - 17 August 2022

SR, Surabaya – Telah menjadi agenda rutin tahunan setiap malam jelang tanggal 17 Agustus digelar serentak di seluruh kampung di Surabaya malam Tirakatan, seperti halnya di Kampung Ngaglik Surabaya.

Acara yang diikuti oleh 4 RT mulai dari RT 01-04 ini memenuhi jalan Ngaglik DKA, dengan diisi doa bersama sebagai ucapan rasa syukur atas berkah dan mengenang jasa para Pahlawan Kemerdekaan Republik Indonesia. 

Ketua RW setempat, Suroso mengatakan, kegiatan malam tirakatan kental akan rasa persaudaraan dan keakraban antar warga.

“Disini sudah terbiasa dengan doa bersama di malam tirakatan, dan pastinya tidak membedakan mana warga asli dan mana warga musiman semua kami undang disini,” ujar Suroso.

Warga yang hadir pun nampak antusias, hal itu terlihat dari kompaknya ibu-ibu PKK saat menghias tumpeng dan bapak-bapak yang gotong royong menyiapkan segala kebutuhan untuk malam tirakatan.

Tumpeng yang telah disiapkan kemudian dimakan bersama-sama dengan menggunakan alas daun pisang. Setelahnya, warga saling menukarkan nasi kotak yang telah dibawanya dari rumah kepada tetangga kanan kirinya. 

Deni, salah satu warga Ngaglik mengaku semangat mengikuti malam tirakatan. “Berangkat duluan biar dapat tempat di tengah, semoga tidak hujan soalnya dari pagi sudah mendung,” imbuhnya.

Perlu diketahui, malam tirakatan bukan hanya dimaknai sebagai malam dimana warga berkumpul bersama dalam sebuah acara, diiringi makan bersama, untuk merayakan kemerdekaan Republik Indonesia. Namun juga sebagai bentuk menghargai jasa Para Pahlawan yang telah berjasa.

Tak hanya malam tirakatan, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 RI, selama hampir 3 minggu belakangan, warga setempat telah mengadakan berbagai acara mulai dari lomba 17an antar warga, kerja bakti, dan ditutup dengan pentas seni yang akan digelar pada 27 Agustus 2022 mendatang. (ra/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.