Mahfud MD Tandai Lahan Relokasi Korban Erupsi Semeru

Yovie Wicaksono - 18 December 2021

SR,  Lumajang – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD memastikan dan menandai lahan relokasi korban erupsi Gunung Semeru dengan mencangkul lahan, di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jumat (17/12/2021).

Hal ini dilakukan agar ribuan warga terdampak erupsi Gunung Semeru yang saat ini tersebar di berbagai lokasi pengungsian, segera ditata lebih baik dengan dipindahkan ke tempat yang nyaman, aman, dan dengan dilengkapi fasilitas yang layak serta memenuhi standar kesehatan.

“Saya ucapkan terima kasih atas peran serta masyarakat yang selama ini bantuannya telah banyak mengalir ke sini seperti Gus Miftah, saya juga membawa beberapa teman pengusaha Astra, Sinar Mas, Harita, Indofood dan sebagainya. InsyaAllah nanti semua akan bekerja dengan baik,” ujar Mahfud MD didampingi Bupati Lumajang Thoriqul Haq.

Mahfud mengapresiasi langkah cepat Bupati Lumajang dan semua pemangku kepentingan yang telah bahu membahu dan kompak dalam penanganan bencana.

“Alhamdulilah pemerintah, Pemda dan Kabupaten telah bekerja keras dan mendapat tanah seluas 80an hektar ini,” kata Mahfud.

Usai salat Jumat dan memimpin salat gaib di Masjid Agung Lumajang, Mahfud MD bersama Bupati Lumajang, Dandim, Danrem Malang, dan pimpinan Pondok Pesantren Ora Aji, Kyai Miftah Maulana Habiburrahman atau lebih dikenal dengan Gus Miftah serta beberapa pejabat terkait, berangkat ke titik rencana relokasi pengungsi di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Di atas lahan seluas 81,55 hektare ini akan segera dibangun sekitar 2.000 unit hunian sementara dan hunian permanen bagi para pengungsi.

Dalam kesempatan ini, Menko Polhukam  juga berpesan kepada personel TNI dan Polri agar senantiasa hadir untuk masyarakat hingga ke tahap penanganan pasca-bencana. (ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.