Lima Kader Asal Jawa Timur Dilantik Jadi Pengurus Pusat Pemuda Katolik

Yovie Wicaksono - 11 January 2022

SR, Surabaya – Pemuda Katolik (PK) Komda Jatim mengucapkan selamat atas pelantikan Pengurus Pusat Pemuda Katolik yang dilaksanakan di Jakarta, Senin (10/1/2022). 

Pelantikan kali ini ada lima kader Pemuda Katolik berasal dari Jawa Timur, diantaranya adalah Marcelinus Florianus Gadi Gaa, Agatha Retnosari, Jovita Budyanti Mestika Sari, Pendiwan, dan Albertus Rudi Afianto. 

Ketua Pemuda Katolik Komda Jatim, Agatha Retnosari berharap dengan semakin banyaknya kader Pemuda Katolik Jatim yang masuk  ke jajaran pengurus pusat, dapat memberikan angin segar dan semangat baru bagi peningkatan kinerja kepengurusan. 

“Saya berharap dengan semakin banyaknya kader Pemuda Katolik Jatim yang masuk dalam kepengurusan Pemuda Katolik Pusat bisa menjadi energi baru sehingga Pemuda Katolik lebih progresif revolusioner menghadapi berbagai macam tantangan zaman, khususnya di era disrupsi 4.0 dan di tengah pandemi Covid-19,” kata Agatha. 

Marcelinus Florianus Gadi Gaa atau yang akrab disapa Marcel, saat ini adalah aktivis muda yang tidak hanya aktif di Pemuda Katolik Komcab Banyuwangi tetapi juga aktif di GMNI sejak mahasiswa dan saat ini selain Ketua Pemuda Katolik Komcab Banyuwangi, Marcel juga aktif sebagai sekretaris Persatuan Alumni (PA) GMNI Cabang Banyuwangi dan aktif terjun ke politik praktis di Banyuwangi. 

Pengalaman aktivitasnya yang tinggi baik saat menjadi pendamping senior PNPM Mandiri Perkotaan, pengurus Badan Narkotika Kabupaten dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) telah memperkaya karyanya sebagai Pemuda Katolik di Banyuwangi. Dan saat ini, Marcel dilantik sebagai Wakil Sekretaris Bidang Kebencanaan dalam Kepengurusan Pemuda Katolik yang dinahkodai oleh Stefanus Asat Gusma yang terpilih sebagai Ketua Umum Pemuda Katolik. 

Sedangkan empat nama lainnya, yaitu Agatha, Jovita, Pendiwan dan Rudi dilantik sebagai Dewan Pakar dalam jajaran Pengurus Pemuda Katolik. 

Sekretaris PK Komda Jatim, Christophorus Suryo menyampaikan bahwa kompetensi ke empat kader PK ini cukup matang dan diharapkan bisa memberikan kontribusi penting bagi masa depan organisasi khususnya dan mampu memberikan warna bagi pembangunan bangsa dan negara pada umumnya.

“Tiga dari empat kader dari Jatim saat ini juga menjadi pengambil kebijakan di wilayahnya. Seperti mbak Agatha selain Ketua Pemuda Katolik Komda Jatim, dia juga anggota DPRD Provinsi Jawa Timur. Mas Rudi sebagai Ketua Pemuda Katolik Komcab Situbondo juga Anggota DPRD Kab Situbondo, demikian juga dengan mas Pendiwan selain Ketua Pemuda Katolik Komcab Kabupaten Kediri juga Anggota DPRD Kabupaten Kediri. Mbak Jovita sendiri selain aktif di politik praktis, juga aktif dalam kepengurusan DPN Peradi (Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia),” ujar Christophorus Suryo.

Ia pun berharap, kapasitas empat dewan pakar asal Jatim ini bisa memberikan arti dan memberikan warna dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sehingga Pemuda Katolik sebagai organisasi mampu menjadi rumah bersama bagi para generasi muda yang sungguh 100 persen Katolik, 100 persen Indonesia. 

“Sebagai wujud nyata pengabdian bagi gereja dan negara, Pro Ecclesia et Patria,” lanjutnya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.