Larangan Mudik, Ini Daftar Kereta Api yang Beroperasi

Yovie Wicaksono - 4 May 2021
Ilustrasi. Suasana di Stasiun Surabaya Gubeng, Kamis (19/3/2020). Foto : (Super Radio/Fena Olyvira).

SR, Surabaya – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 Surabaya memastikan tetap mengoperasikan kereta api pada periode larangan mudik, 6 – 17 Mei 2021. Namun, kereta api ini dikhususkan bagi pelaku perjalanan mendesak dan bukan untuk mudik lebaran.

Kereta api yang beroperasi terdiri dari kereta api lokal dan jarak jauh.  Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan, kurang lebih ada 13 KA yang beroperasi.  Diantaranya KA Penataran relasi Surabaya Kota – Malang – Blitar PP, KA Tumapel relasi Malang – Surabaya Kota, KA Dhoho relasi Surabaya Kota – Kertosono – Blitar PP dan KA Jenggala relasi Mojokerto – Sidoarjo PP untuk KA Lokal.

Sedangkan sembilan KA Jarak Jauh dan Menengah terdiri dari KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasar Turi – Gambir,  KA Argo Wilis relasi Surabaya Gubeng – Bandung, KA Gajayana relasi Malang – Gambir, KA Bima relasi Surabaya Gubeng – Gambir, KA Maharani relasi Surabaya Pasar Turi – Semarang, KA Sri Tanjung relasi Surabaya Gubeng – Lempuyangan dan Surabaya Gubeng – Ketapang, KA Tawang Alun relasi Malang – Ketapang, KA Probowangi relasi Surabaya Gubeng – Ketapang dan KA Pasundan Lebaran relasi Surabaya Gubeng – Kiaracondong.

“Jumlah KA yang kami operasikan memang hanya terbatas untuk mengakomodir pelaku perjalanan dengan keperluan mendesak untuk kepentingan non mudik. KAI tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai aturan dan hanya menjual tiket sebanyak 70% dari kapasitas tempat duduk yang tersedia,” kata Luqman, Selasa (4/5/2021)

Ditambahkan, untuk perjalanan KA Lokal, dilakukan pembatasan jam operasional yaitu keberangkatan dari stasiun awal maksimal pukul 20.00 WIB.

“KA Jarak Jauh maupun lokal yang dijalankan tersebut sudah mendapatkan izin dari Pemerintah. KAI mendukung penuh kebijakan pemerintah dalam hal pencegahan penyebaran Covid-19 pada moda transportasi kereta api,” terang Luqman.

Pengoperasian KA ini sesuai Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 dan Surat Direktur Jenderal Perkeretaapian Nomor HK.701/1/10/DJKA/2021 pada 30 April 2021.

Bagi masyarakat yang ingin membeli tiket KA bisa melalui aplikasi KAI Access, web KAI, aplikasi mitra resmi KAI, dan khusus pembelian tiket di loket stasiun dilayani penjualan langsung 3 jam sebelum keberangkatan. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.