KPU Sidoarjo Optimistis Partisipasi Pemilih Pilkada Capai 70 Persen

Yovie Wicaksono - 8 December 2020
Petugas memeriksa suhu tubuh warga sebelum memasuki area Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat Simulasi Pemungutan Suara Pilkada serentak di halaman Polresta Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (5/12/2020). Foto : (Antaranews)

SR, Sidoarjo – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo optimistis tingkat partisipasi pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2020 bisa mencapai 70 persen.

Anggota KPU Kabupaten Sidoarjo Divisi Sosdiklih, SDM, dan Parmas Fauzan Adim di Sidoarjo, Selasa (8/12/2020), mengatakan angka tersebut lebih tinggi dari tingkat partisipasi pemilih pada pemilihan kepala daerah sebelumnya.

“Kalau pemilihan kepala daerah di Sidoarjo periode sebelumnya hanya sekitar 55,69 persen saja. Kali ini ditargetkan lebih tinggi karena memanfaatkan euforia masyarakat pada pemilihan presiden,” katanya kepada Antara.

Ia mengatakan tidak mudah untuk mewujudkan partisipasi pemilih tersebut terutama saat kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini.

“Kami sudah berusaha keras untuk meningkatkan tingkat partisipasi pemilih tersebut, salah satunya dengan melakukan sosialisasi secara masif di 16 titik kepada masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan beberapa lomba seperti melukis mural tentang ajakan untuk menggunakan hak suara pada Pilkada.

“Kami juga bekerja sama dengan media untuk membantu kami melakukan sosialisasi,” katanya.

Ia juga berterima kasih kepada jajaran kepolisian dan Bakesbangpol Kabupaten Sidoarjo yang turut aktif membantu melakukan sosialisasi kepada masyarakat supaya mereka menggunakan hak pilih mereka.

“Tidak lupa juga kepada masing-masing pasangan calon yang cukup intensif melakukan pertemuan-pertemuan dengan masyarakat untuk berkampanye,” katanya.

Ia menyebutkan sosialisasi lainnya yaitu dengan dibentuknya relawan demokrasi yang telah mengisi tujuh sektor sosial di masyarakat seperti basis pemilih pemula, basis pemilih keluarga, basis pemilih warga internet (netizen), basis pemilih perempuan, pemilih disabilitas, marjinal, dan basis pemilih komunitas.

“Dari data yang ada jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Kabupaten Sidoarjo tercatat sebanyak 1.404.887 pemilih,” katanya.

Sekedar informasi, Pilkada 2020 di Sidoarjo diikuti oleh tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati, yakni pasangan Bambang Haryo Sukartono-Taufiqulbar, pasangan Ahmad Muhdlor Ali-Subandi, dan pasangan Kelana Aprilianto-Dwi Astutik. (*/ant/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.