Khofifah Berangkatkan 3.650 Pemudik Gratis

Yovie Wicaksono - 29 April 2022

SR, Surabaya – Setelah dua tahun tidak menggelar mudik gratis akibat pandemi Covid-19, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memberangkatkan sebanyak 3.650 pemudik dengan 100 armada, menuju 15 kabupaten kota, Kamis (28/4/2022).

“Pertama bahwa mudik gratis untuk menghindari kemungkinan kepadatan lalu-lintas bisa dibayangkan kalau penumpang di 100 bus ini 3.650 orang bawa kendaraan roda empat masing-masing kayak apa padatnya,” ujar Khofifah.

Selain itu, mudik gratis ini juga diharapkan bisa mengurangi volume jumlah penumpang yang terpusat di Terminal, khususnya Terminal Purabaya, Surabaya.

“Kedua, kalau mereka katakanlah akan melakukan mudik dengan mengikuti transportasi umum yang ada di masing-masing terminal, pasti juga terminalnya bisa padat dan masa menunggunya bisa lama di masing-masing terminal,” imbuhnya. 

Menurut Khofifah, mudik gratis ini diharapkan menjadi solusi serta merupakan komitmen Pemprov Jatim memberikan pelayanan publik. Sebagaimana yang juga dilakukan beberapa hari sebelumnya, mudik gratis rute Jakarta-Jawa Timur.

“Dua hari lalu untuk pertama kalinya kami menyiapkan mudik gratis Jakarta-Jawa Timur, ada 18 destinasi, 18 kabupaten kota dari 10 Armada. Ini yang pertama kali dilakukan Jawa Timur,” imbuhnya.

Kali ini, sebanyak 100 armada bus diberangkatkan dengan tujuan 15 Kabupaten Kota di Jatim, untuk memberikan fasilitas mudik gratis bagi warga Jatim yang merantau di Surabaya.

Adapun rute yang diselenggarakan yaitu rute keberangkatan Surabaya-Tulungagung, Surabaya-Trenggalek, Surabaya-Magetan, Surabaya-Madiun, Surabaya-Ngawi, Surabaya-Ponorogo, Surabaya Pacitan dan Surabaya-Jember.

Kemudian juga Surabaya-Jember-Banyuwangi, Surabaya-Situbondo-Banyuwangi, Surabaya-Tuban, Surabaya-Sumenep, Surabaya-Bojonegoro, Surabaya-Bondowoso, Surabaya-Malang-Blitar, dan terakhir Surabaya-Nganjuk. Untuk seluruh rute, keberangkatan akan dilakukan dari depan kantor Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur.

“Harapan kita masyarakat bisa mendapatkan akses yang mudah, apalagi ini gratis, dan aman, karena memang dari proses uji emisi kendaraan-nya, kemudian dari sisi cek kesehatan para drivernya, cek urine, kemudian cek alkohol, sudah dilakukan,” tuturnya.

Gubernur berharap, seluruh pengendara armada bus yang membawa ribuan pemudik, dengan rute 15 kabupaten kota ini, sampai di tujuan dengan aman, nyaman, lancar, sehat dan selamat. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.