Ketua DPD PDIP Jatim Said Abdullah Dukung Megawati Ketua Umum 2025-2030

Rudy Hartono - 27 May 2024
Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Jawa Timur Said Abdullah

SR, Jakarta – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Jawa Timur Said Abdullah meminta Megawati Soekarnoputri kembali menjadi Ketua Umum PDI Perjuangan periode 2025-2030 pada Kongres VI tahun 2025.

Hal tersebut menurutnya, sejalan dengan poin nomor 17 hasil rekomendasi dari Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDI Perjuangan yang disampaikan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta, Minggu (26/5/2024).

Menurutnya Said, gagasan tersebut disuarakan oleh kader PDI Perjuangan  mulai dari anak ranting, pengurus anak cabang (PAC), hingga DPD. Hal ini karena kuatnya sosok Megawati yang tak bisa dilepaskan dari PDI Perjuangan.

“Berdasarkan aspirasi dari anak ranting, ranting, PAC, serta DPD PDI Perjuangan, mereka masih menginginkan Megawati Soekarnoputri jadi Ketum PDI Perjuangan hingga 2030,” ujar Said

Ditambahakannya, kader PDI Perjuangan juga masih membutuhkan sosok Megawati. Pasalnya, Megawati dinilai sebagai sosok seorang ibu yang mampu menjaga solidaritas partai. Ia menambahkan, PDI Perjuangan menurutnya merupakan satu-satunya partai yang paling solid di Indonesia. “Hal ini tak lepas dari peran sang ketua umum,” imbuh Said.

Selain itu, Megawati juga dinilai dapat membuat memiliki peran membuat partai menjadi teduh dan mampu mengayomi kader partai. Kemampuan seperti itu susah ditemukan pada sosok selain Megawati.

Terkait ucapan Megawati yang meminta Puan Maharani menjadi ketua umum partai, Said menilainya sebagai candaan. Menurutnya, ucapan tersebut tidak bisa dianggap sebagai sikap resminya sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan “Ucapan tersebut merupakan ujaran yang tidak terdapat dalam naskah pidato resmi. Sebenarnya, menurut ketua umum, menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bukan pekerjaan yang mudah. Jadi, itu candaan Ketua Umum PDI Perjuangan,” tuturnya

Sebagai informasi, candaan tersebut dilontarkan Megawati dalam pidato pembukaan Rakernas ke-V PDI Perjuangan pada Jumat (24/5/2024). Megawati berseloroh jika Puan senang melakukan kunjungan ke luar negeri dalam kapasitasnya sebagai Ketua DPR. “Lalu saya bilang, ‘gantianlah sama saya. Saya deh yang jadi Ketua DPR, kamu yang jadi Ketua Umum’,” ucap Megawati saat itu.

Said juga menyampaikan pendapatnya mengenai peran PDIP dalam pemerintahan setelah Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Ia menegaskan bahwa partainya akan melakukan peran check and balances. PDI Perjuangan juga masih mengamati perkembangan politik hingga pergantian kekuasaan dari pemerintahan Presiden Joko Widodo ke presiden terpilih Prabowo Subianto pada Oktober 2024. Menurutnya, baik berada di dalam maupun luar pemerintah, PDI Perjuangan tetap fokus memperbaiki kesejahteraan rakyat.

“Bagi kami, ujungnya sama saja. DPR bekerja untuk rakyat. Pemerintah bekerja untuk rakyat. Kami saling memberi masukan, mengkritik, serta sama-sama bekerja untuk rakyat,” tuturnya. (*/ant/red)

Tags: , , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.