Kader Banteng akan Lakukan Gerakan Menanam Pohon

Yovie Wicaksono - 1 February 2020
Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim Kusnadi serta Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim Sri Untari. Foto : (Super Radio/Fena Olyvira)

SR, Surabaya – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Jawa Timur (Jatim) akan melakukan gerakan menanam pohon di Kawasan sumber mata air Kalitidu, Blitar, Minggu (2/2/2020). 

“Acara gerakan menanam pohon akan kami mulai besok pagi sampai selesai. Untuk pesertanya adalah kader-kader partai bersama relawan dan masyarakat sekitar,” ujar Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim, Kusnadi di Surabaya, Sabtu (1/2/2020) malam.

Pria yang juga Ketua DPRD Jatim ini mengatakan, gerakan menanam pohon ini dilakukan secara serentak di Kabupaten dan Kota di Jawa Timur. Untuk di Surabaya di kawasan TPA Benowo, di Lamongan dilakukan di Kedungpring, juga di Bondowoso dan sebagainya.

“Ini serentak dilakukan oleh kader-kader partai di seluruh Indonesia dari tingkat nasional, daerah, hingga kabupaten dan kota. Untuk tingkat nasional acara dilangsungkan di sepanjang aliran Sungai Citarum,” jelas Kusnadi. 

Gerakan ini, merupakan tindak lanjut dari rekomendasi kongres partai yang diperkuat dengan rekomendasi rakernas I di Jakarta beberapa waktu lalu. Bahwa  politik tidak sekadar bagaimana urusan berkompetisi secara konstitusional memperebutkan kekuasaan dalam even-even pemilu. 

“Tetapi politik harus hadir dalam kehidupan keseharian seperti menanam pohon, mengurangi pemakaian air minum kemasan plastik, dan sebagainya,” kata Kusnadi. 

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim, Sri Untari menambahkan, menanam pohon juga sebagai bentuk ketaatan kader dalam meneladani sikap dan tindakan pimpinan yang gemar menanam pohon dalam hal ini Megawati Soekarnoputri dan Bung Karno. 

“Soal mencintai lingkungan, tanaman, Ibu Megawati mirip Bung Karno. Ibu Mega akan marah jika ada kadernya yang membuang sembarangan biji buah. Begitu juga Bung Karno yang dalam sejarahnya, gemar menanam pohon bahkan hingga di beberapa negara. Misalnya di Arab dan Yordania,” terang Untari. 

Sekedar informasi, sedianya dalam acara tersebut akan ditanam sebanyak 12.500 pohon baik pohon kayu maupun pohon buah di beberapa titik dengan total area seluas 52 hektar. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.