Alumni RSLI Siap Donor Plasma Konvalesen

Yovie Wicaksono - 4 July 2021
Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) melalui relawan pendamping pada Program Pendampingan Keluarga Pasien Covid-19 (PPKPC) Kembali Mengadakan Skrining Donor Plasma Konvalesen pada Minggu (4/7/2021). (Foto : Istimewa)

SR, Surabaya – Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) melalui relawan pendamping pada Program Pendampingan Keluarga Pasien Covid-19 (PPKPC) kembali mengadakan skrining donor plasma konvalesen pada Minggu (4/7/2021). Hal ini dipicu oleh semakin tingginya permintaan plasma konvalesen ke Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya yang jumlahnya mencapai lebih dari 300 permintaan setiap hari.

Penanggung jawab Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI), Laksamana Pertama TNI I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara, hadir dalam kegiatan ini untuk memberikan semangat dan dukungan moril bagi para penyintas dalam menjalankan aktifitas kemanusiaan tersebut.

“Kegiatan skrining dan dilanjutkan donor plasma konvalesen ini perlu dilanjutkan, karena saat ini banyak sekali pasien Covid-19 pada kondisi sedang dan berat yang membutuhkan,” kata Nalendra.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan Skrining Donor Plasma Konvalesen PPKPC-RSLI, Sita Pramesthi mengatakan potensi alumni RSLI dalam menyumbangkan plasma konvalesen ini sangat besar dan perlu diorganisir dan difasilitasi keberadaannya.

Beberapa penyintas yang mengikuti kegiatan ini sebelumnya banyak juga yang telah menjadi pendonor aktif.

“Seperti Pak Esak yang mengajak istrinya Bu Ester untuk menjalani skrining donor plasma konvalesen. Sebelumnya Pak Esak adalah pendonor aktif,dan baru kali ini akan menjadi pendonor plasma konvalesen setelah bulan lalu dia dan istrinya terkena Covid-19,” terang Sita.

Acara skrining kali ini juga diikuti oleh Ketua Pelaksana Program Pendampingan Keluarga Pasien Covid-19, Radian Jadid, yang menggenapi skrining donor plasma konvalesennya untuk kesepuluh kalinya.

Hampir tiap dua atau tiga minggu sekali, Jadid rajin mendonorkan plasma konvalesennya, termasuk dua kali saat bulan puasa lalu.

Sekedar informasi, hingga Minggu (4/7/2021), total ada 8604 pasien yang dirawat di RSLI, dengan tingkat kesembuhan 7915 orang. Saat ini ada 344 pasien yang dirawat dan hari ini 35 orang dinyatakan sembuh.

RSLI memiliki kapasitas 410 tempat tidur dan sudah ada 180 orang yang inden atau memesan karena kuota sudah penuh. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.