Jambore Difabel Siap Digelar, Berikut Rangkaian Acaranya

Yovie Wicaksono - 25 January 2023
Foto : (Lingkar Sosial Indonesia)

SR, Malang – Lingkar Sosial Indonesia (Linksos) akan menggelar jambore Difabel Pecinta Alam (Difpala) dalam rentang waktu Januari – Juli 2023.

Jambore ini bertujuan mendorong peran aktif penyandang disabilitas dalam kegiatan pelestarian lingkungan hidup secara masif dan berkelanjutan, memulihkan keseimbangan ekosostem, kampanye hapus stigma serta mempromosikan upaya penghormatan, pelindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas sebagai warga negara.

Ketua Pembina Linksos Indonesia, Kertaning Tyas mengatakan, acara ini merupakan pengembangan dari kegiatan sebelumnya yaitu Longmarch Difabel tahun 2020, Misi Gunung Butak tahun 2020, Hari Disabilitas Internasional 2020 di Puncak Batu Tulis Gunung Kawi, Misi Arjuno Inklusi 2021 dan Kemah Bakti Inklusi tahun 2022.

“Kegiatan dibuka di Gunung Panderman sekaligus untuk memperingati Hari Kusta Sedunia. Keanggotaan bersifat terbuka, calon peserta bisa mendaftar ke panitia dengan syarat dan ketetuan berlaku,”ujar pria yang akrab disapa Ken Kerta ini, Rabu (25/1/2023).

Diharapkan ada 60 penyandang disabilitas bisa ambil bagian dalam even ini, termasuk orang yang pernah mengalami kusta.

Para peserta akan terbagi dalam 6 tim dan enam tujuan pendakian. Beberapa calon lokasi pendakian tersebut adalah Gunung Panderman (2.045 mdpl), Petilasan Eyang Semar Gunung Arjuno (1.870 mdpl), Gunung Malang (1.718 mdpl), Gunung Lorokan (1.100 mdpl), Puncak Buduk Asu (2.000 mdpl)dan Gunung Butak (2.868 mdpl).

“Jambore ini diharapkan dapat memberikan banyak edukasi utamanya kepada penyandang disabilitas maupun non disabilitas,”pungkas Ken. (*/red)

 

Tags: , , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.