Indah Kurnia Ajak Pelaku UMKM Cerdas dan Modern dalam Transaksi

Yovie Wicaksono - 1 June 2021
Anggota DPR RI Komisi XI, Indah Kurnia. Foto : (Istimewa)

SR, Surabaya – Anggota DPR RI Komisi XI, Indah Kurnia mengajak sekaligus mengedukasi para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Surabaya agar menjadi lebih cerdas dan modern terutama dalam hal transaksi.

Dimana salah satu cara modern dalam hal transaksi saat ini adalah dengan menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), sebuah kanal pembayaran yang dibuat oleh Bank Indonesia.

“Kita harus memanfaatkan cara-cara modern yang lebih cerdas agar bangsa kita lebih maju lagi. Transaksi menggunakan QRIS adalah bagian dari cara cerdas untuk memajukan UMKM Indonesia,” ujarnya.

Di era new normal ini, lanjutnya, masyarakat lebih menyukai belanja online dibandingkan konvensional secara masif dan sistematis yang tidak lain telah membawa ke ekosistem digital. Dimana kehadiran sistem pembayaran digital tidak dapat ditolak, ke depan semua akan menuju kesana.

“Kita harus lebih berinovasi dan digitalisasi transaksi sebagai jalan untuk mengembangkan pasar UMKM. Qris dapat digunakan dengan lebih mudah, cepat dan terjaga keamanannya,” ujarnya.

Indah juga mengajak agar para pelaku UMKM segera menggunakan QRIS dan turut mensukseskan target pencapaian nasional sebanyak 12 juta pengguna QRIS.

Sekadar informasi, data transaksi digital e-commerce pada kuartal I tahun 2021 menunjukkan nilai sebesar 548 juta transaksi dengan nominal mencapai Rp. 88 triliun.

Sedangkan volume transaksi digital banking pada Februari 2021 tumbuh 36,41 persen (yoy) mencapai 464,8 juta transaksi dan nilai transaksi digital banking yang tumbuh 22,94 persen (yoy) mencapai Rp2.547,5 triliun. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.