Hari Raya Nyepi, PDI Perjuangan Surabaya: Dalam Keheningan, Diri Menemukan Kesejatian

Yovie Wicaksono - 3 March 2022

SR, Surabaya – PDI Perjuangan Kota Surabaya menyambut gembira datangnya Hari Raya Nyepi yang dirayakan seluruh umat Hindu. 

“Selamat Hari Raya Nyepi, rahajeng nyanggra rahina Nyepi caka 1944 untuk sahabat-sahabat umat Hindu, khususnya umat Hindu di Kota Surabaya,” ucap Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya Adi Sutarwijono, Kamis (3/3/2022).

“Kami keluarga besar PDI Perjuangan turut berbahagia, nderek mangayubagyo, atas datangnya Hari Raya Nyepi. Inilah bukti betapa kaya dan indahnya Indonesia yang terdiri atas beragam agama,” imbuhnya.

Ketua DPRD Kota Surabaya ini pun mengucapkan selamat menjalankan Catur Brata Penyepian untuk seluruh umat Hindu.

“Semoga kita semua senantiasa menjadi manusia yang lebih baik lagi, tulus dalam berbuat kebajikan, laku darma untuk kehidupan umat manusia yang lebih harmonis dan saling tolong menolong,” papar Adi.

Dalam Hari Raya Nyepi, umat Hindu menjalankan Catur Brata Penyepian selama 24 jam Catur Brata Penyepian terdiri atas amati geni (tidak menyalakan api atau listrik), amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak bersenang-senang).

“Dalam keheningan, dalam sepi, diri kita menemukan kesejatian. Kita dituntun untuk berefleksi, melihat ke dalam, tentang segala di masa lampau yang keliru untuk diperbaiki pada hari mendatang. Semoga lancar menjalankan Catur Brata Penyepian untuk mengembalikan jiwa yang bersih dan suci,” ujar Adi.

PDI Perjuangan Surabaya, tegas Adi, senantiasa berkomitmen menjaga Kota Pahlawan agar selalu menjadi kota yang penuh toleransi.

“Komitmen PDI Perjuangan selalu jelas, bahwa kami terus menjaga Surabaya sebagai rumah besar yang ramah bagi seluruh umat beragama. Kita jaga terus kerukunan di kota ini,” pungkasnya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.