Hak Asasi Binatang, Pemkot Kediri Periksa dan Obati Kuda di Kebun Binatang Mini Paggora

Yovie Wicaksono - 14 October 2021

SR, Kediri – Memperingati hari Hak Asasi Binatang, Pemerintah Kota Kediri mempunyai cara tersendiri dalam memaknainya. Salah satunya dengan menggandeng Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian untuk memberi bantuan desinfektan dan pemeriksaan kuda di Taman Wisata Paggora pada Kamis (14/10/2021). Kegiatan ini juga bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) cabang Jatim 10. 

Selama pandemi, wisata yang telah berdiri sejak 60 tahun lalu ini harus berhenti beroperasi sementara. Di sisi lain, pengelola tetap harus merawat sekira 25 jenis satwa di kebun binatang mini yang dimana sebagian satwa diantaranya milik BKSDA.

Wakil Ketua Yayasan Paggora Abdul Muthalib menyampaikan, selama wisata tidak beroperasi, pihaknya mendapat kendala dalam merawat satwa yang ada. Namun meski begitu, ia dan timnya tetap berusaha untuk menjaga dan memberi makan hewan-hewan yang ada di kebun binatang mini tersebut. 

“Kami sangat bahagia sekali kehadiran Pemkot Kediri yang merespon kesulitan kami. Kami berusaha merawat semampu kami, dan kami mohon diberi petunjuk untuk perawatan hewan tersebut,” ujar purnawirawan TNI berpangkat Kolonel itu.

Sementara itu, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menyampaikan, dalam hari Hak Asasi Binatang ini, diharapkan masyarakat Kota Kediri dapat lebih peduli pada hewan yang ada di sekitar, tidak terkhusus pada hewan-hewan tertentu.

“Adanya pandemi ini, ternyata tidak hanya manusia yang terdampak. Hal itu juga berdampak pada binatang. Dengan tidak adanya pengunjung, pasti menjadi tantangan bagi pengelola untuk tetap memenuhi kebutuhan pangan satwa tersebut. Kami sangat mengapresiasi masyarakat yang telah ikut serta membantu, semoga hal baik ini dapat terus berlanjut,” ujar Mas Abu.

Saat di lapangan, DKPP bersama PDHI melakukan tinjauan dan memberi imbauan kepada pengurus Taman Wisata Paggora, salah satunya tentang pemberian pakan dan penjadwalan semprot desinfektan. 

Selanjutnya, juga dilakukan pemeriksaan dan pemberian vitamin serta obat pada kuda yang ada di kebun binatang tersebut. Saat diperiksa, kuda tersebut dalam kondisi kekurangan makan dan malnutrisi. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.