Erick Thohir : Lansia Punya Kesempatan yang Sama untuk Berdaya

Yovie Wicaksono - 5 June 2022

SR, Surabaya – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyerahkan sertifikat laik operasi listrik ke Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BK3S) Provinsi Jawa Timur pada Sabtu (4/6/2022).

Dalam kesempatan tersebut, ia mendapat banyak aspirasi dari para lansia. Salah satunya, soal kurangnya pemberdayaan dan layanan kesehatan yang memadai.

“Dan saya rasa permintaannya tidak banyak, yakni minta diberikan perhatian dimana mereka bisa melakukan kegiatan bergerak, dan diberikan kesempatan kesehatan yang memadai,” ujar Erick Thohir usai gelaran Hari Lansia Nasional di BK3S Provinsi Jatim.

Menanggapi hal ini, Erick menyebut, akan ada upaya meningkatkan pemberdayaan. Salah satunya lewat sinergi program UMKM Mekar yang pinjamannya bisa digunakan sebagai modal usaha.

“Karena itu kami BUMN coba memikirkan disisi lain. Nanti dari Mekar bisa digunakan untuk membeli kompor, apalagi PLN juga punya program kompor listrik,” ucapnya.

Lansia, ucap Erick, adalah kelompok yang perlu diprioritaskan. Tolak ukur berhasilnya negara dapat dilihat dari sejahteranya lansia.

Oleh karena itu, ia mendorong seluruh pihak mulai dari dinas terkait, gubernur, hingga pemerintah pusat untuk bersama-sama mewujudkan hal tersebut.

“Mudah-mudahan coba kita mulai merajut tidak hanya menargetkan generasi muda, lansia juga punya hak yang sama untuk berdaya, jangan sampai lansia ini menjadi warga kelas dua,” ungkapnya.

“Tapi tentu kita juga minta dukungan Pemprov Jatim dan BK3S yang memang sudah ahlinya,” sambungnya.

Atas hal tersebut, Ketua Umum BK3S Jatim, Pinky Saptandari menyampaikan terima kasihnya. Ia mengatakan, bantuan yang  diberikan oleh Menteri BUMN telah menambah semangat untuk terus bergerak.

“Ini juga menjadi bukti bahwa kemitraan BUMN dengan masyarakat untuk berbagai hal, dan tadi Pak Erick juga menawarkan Mekar yang pinjamannya sampai 4 juta siapa tahu lansia mau usaha,” kata Pinky. (hk/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.