Eri Cahyadi Jenguk Korban Kecelakaan Bus Tol Sumo

Yovie Wicaksono - 16 May 2022

SR, Mojokerto – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mendatangi sejumlah rumah sakit (RS) di Mojokerto, tempat perawatan korban kecelakaan Tol Surabaya-Mojokerto (Tol Sumo), Senin (16/5/2022).

Ia melihat kondisi korban yang tengah mendapatkan perawatan di RS Citra Medika, RS Gatoel Mojokerto, hingga di RS Islam Sakinah Mojokerto, sekaligus juga memberikan penguatan dan dukungan moril kepada keluarga korban yang sedang menunggu di RS tersebut.

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya itu juga berkoordinasi dengan jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya untuk mengirimkan dokter spesialis bedah ke beberapa rumah sakit, tempat korban dirawat. 

Selain itu, ia meminta dokter di Surabaya untuk berkoordinasi membantu penanganan korban yang dirawat di sejumlah RS Mojokerto dan berharap, apabila memungkinkan, korban yang warga Kota Pahlawan itu dapat dievakuasi untuk dirawat di RSUD dr Soewandhie dan RSUD Bhakti Dharma Husada (BDH) Kota Surabaya.

“Karena setelah dibawa ke Surabaya ini keluarga lebih tenang. Jadi harapannya perjalanan keluarga ke Mojokerto ini kan ada pengalaman traumanya, kalau nyetir jarak jauh juga kasihan,” ujar Eri.

Selama menjalani perawatan di RS Mojokerto pun, Eri menjamin segala keperluan pasien beserta keluarganya bisa terpenuhi dengan dibantu oleh 3-5 petugas BPBD Surabaya yang ditugaskan di tiap rumah sakit yang merawat korban kecelakaan tersebut.

“Jadi keluarga yang menjaga bisa fokus kepada pasien sambil berdoa, karena bagaimanapun ini adalah musibah yang tidak kita inginkan, tapi insya Allah kita kuat, kita hadapi bersama, karena setiap keadaan itu pasti ada hikmahnya,” kata Eri.

Ia pun berterima kasih kepada Wali Kota Mojokerto serta pihak terkait yang sudah membantu sehingga musibah ini bisa segera tertangani dengan baik.

Menanggapi itu, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengatakan, respon cepat yang dilakukan pihaknya ini semata-mata demi kemanusiaan.

“Ini masalah kemanusiaan, kita tidak bisa melihat ini warga dari mana karena lokasi musibah ini ada di wilayah kami dan Alhamdulillah tadi seluruh jenazah sudah selesai dipulangkan ke rumah duka masing-masing,” ujarnya.

Sekadar informasi, telah terjadi kecelakaan tunggal yang melibatkan bus pariwisata Ardiansyah bernomor polisi S 7322 UW di Tol Surabaya-Mojokerto, Senin (16/5/2022).

Bus yang mengangkut 25 penumpang itu menabrak tiang pemberitahuan atau Variable Message Sign (VMS) di pinggir bahu jalan tol dan mengakibatkan bus terguling dan 14 penumpang meninggal dunia.

Dugaan sementara kecelakaan maut tersebut terjadi lantaran sopir mengantuk dan kini ia tengah menjalani perawatan karena mengalami luka berat. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.