Eri – Armuji Siap Tanggalkan Jabatan

Yovie Wicaksono - 3 September 2020
Eri Cahyadi - Armuji. Foto : (Super Radio/Fena Olyvira)

SR, Surabaya – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri telah menetapkan Eri Cahyadi – Armuji sebagai Calon Wali Kota – Wakil Wali Kota Surabaya di Pilkada 9 Desember 2020.

Pasca rekomendasi tersebut, baik Eri maupun Armuji kini telah mengumpulkan berkas untuk pengunduran diri dari jabatannya masing-masing.

Seperti diketahui, Armuji adalah anggota DPRD Jatim periode 2019 -2024. Sedangkan Eri Cahyadi saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya.

Kepada Super Radio, Armuji mengatakan, secara otomatis semenjak dirinya ditetapkan menjadi calon, maka saat itu ia harus melepas posisinya sebagai anggota DPRD Jatim.

Sedangkan Eri Cahyadi juga telah menyerahkan surat pengunduran dirinya ke Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kota Surabaya pada Rabu (2/9/2020). Dengan demikian, mulai hari ini Eri tidak lagi berkantor di Pemkot Surabaya.

Sekedar informasi berdasarkan Peraturan KPU RI Nomor 1 tahun 2019, bakal calon harus menyatakan secara tertulis pengunduran diri sebagai anggota TNI, Polri, PNS/ASN, kepala desa, atau perangkat desa, sejak ditetapkan sebagai calon.

Kemudian pada Pasal 7 Ayat (2) huruf s Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota (UU Pilkada), mengatur bahwa bakal calon kepala daerah harus menyatakan telah mundur sebagai anggota dewan, termasuk untuk kalangan birokrat. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.