Dua Pesan Jokowi untuk Gerakan Pramuka di Tengah Pandemi 

Yovie Wicaksono - 12 August 2020
Presiden Jokowi dalam Perayaan HUT Gerakan Pramuka ke-59 digelar secara virtual, Rabu (12/8/2020). Foto : (Biro Pers Presiden)

SR, Jakarta – Perayaan HUT Gerakan Pramuka ke-59 digelar secara sederhana melalui upacara virtual yang dipimpin oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), Rabu (12/8/2020). Dalam amanatnya, Jokowi menyampaikan dua pesan untuk Gerakan Pramuka di tengah pandemi Covid-19. 

“Dua hal yang perlu diperhatikan oleh insan Pramuka. Pertama, gerakan kedisiplinan nasional untuk tetap ikuti protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19. Kedua, saling membantu, peduli dan berbagi,” kata Jokowi.

Menurutnya, penerapan protokol kesehatan dan kepedulian dalam membantu sesama bukan hanya akibat pandemi. “Sebagai anggota Pramuka haruslah tetap mengasah jiwa karakter kepemimpinan sebagai jiwa Pramuka sejati,” ujarnya.

Hal tersebut, lanjutnya, sesuai dengan Dwidarma, Trisatya, dan Dasadarma Pramuka. Selain itu, Jokowi juga mengingatkan para anggota Pramuka untuk tetap meningkatkan kemampuan di masa pandemi ini.

“Pengalaman pandemi juga mengingatkan kita agar tetap meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kesehatan. Perekonomian juga perlu ilmu pengetahuan dan teknologi. Giatlah belajar dan kuasai teknologi setinggi-tingginya,” tuturnya.

Ia berharap, Pramuka juga bisa terus melahirkan generasi dan SDM terbaik. “Pertahankan NKRI. Jadilah penjaga Pancasila sejati. Dunia ini berubah cepat dengan ketidakpastian. Untuk itu, jadilah generasi yang mencerahkan dan membangun kejayaan Indonesia Maju yang sebenarnya. Jayalah Pramuka, Jayalah Indonesia,” pungkasnya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.