Dua Pasien Covid-19 Varian Delta di RSLI Berhasil Sembuh

Yovie Wicaksono - 22 June 2021
Pasien Covid-19 di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya yang telah dinyatakan sembuh. Foto : (Istimewa)

SR, Surabaya – Dua dari empat pasien Covid-19 varian Delta B1617.2 telah dinyatakan sembuh, setelah menjalani perawatan selama lebih dari 2 minggu di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya.

Diketahui bahwa dua pasien tersebut adalah hasil tracing klaster yang berasal dari penyekatan akses Suramadu yang mulai dirawat di RSLI pada 6 Juni 2021 lalu, dan telah diperbolehkan pulang bersama 31 orang lainnya yang juga dinyatakan negatif pada Senin (21/6/2021).

“RSLI kembali “mewisuda” 33 pasien pada periode ke 359, yang terdiri dari 2 orang PMI, 7 umum dan 24 orang yang berasal dari penyekatan akses Suramadu. Dimana dua orang diantaranya adalah pasien yang kemarin terkonfirmasi varian baru Delta, yakni Mr. M dan Mr. N. yang 6 Juni 2021 mereka masuk RSLI, setelah menjalani perawatan dan pengobatan, pada 21 Juni 2021 dinyatakan sembuh dan boleh pulang,” ujar penanggung jawab Rumah Sakit Lapangan Indrapura, Laksamana Pertama TNI dr. I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara, Senin (21/6/2021).

Dengan kesembuhan 2 pasien tersebut, Nalendra menuturkan bahwa Covid-19 ini bisa ditangani dan disembuhkan. Sehingga diharapkan masyarakat tidak perlu terlalu takut, namun harus tetap waspada dengan tipologi varian baru yang lebih cepat menular dan menyebar, lebih cepat daya rusaknya (apabila tidak segera ditangani), serta dapat menyerang pada usia muda.

Tak lupa dirinya juga berpesan dan mengimbau masyarakat agar tetap patuh pada protokol kesehatan, serta senantiasa menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh melalui makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup.

“Selamat kepada semua pasien yang sembuh (termasuk 2 yang terkonfirmasi varian baru Delta). Masyarakat tidak perlu terlalu takut, namun harus tetap waspada dengan tipologi varian baru, jangan lupa selalu menjaga dan menjalankan protokol kesehatan secara konsisten,” tuturnya.

“Tetap memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas dan menghindari makan bersama adalah langkah yang harus dijalankan selama pandemi belum berakhir. Terus berusaha menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh melalui makan makanan bergizi, asupan vitamin yang cukup, serta istirahat yang cukup saat badan mulai terasa lelah baik fisik maupun pikiran/mental,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Program Pendampingan Keluarga Pasien Covid-19 RSLI, Radian Jadid juga menjelaskan, hingga Senin (21/6/2021) jumlah pasien yang dirawat di RSLI mencapai 341 orang, dengan sisa daya tampung sebanyak 69 bed.

“Hingga Senin (21/6/2021) RSLI telah merawat sejumlah 341 orang yang terdiri dari 58 PMI, 204 klaster penyekatan Suramadu, dan 79 orang umum/mandiri. Sedangkan jumlah inden (antri masuk) sebanyak 65 orang. Daya tampung RSLI 410 bed, sekarang terisi 341 pasien. Masih ada space 69 bed, dengan jumlah inden 65 calon pasien,” ucapnya.

Sekedar informasi, sampai dengan Senin (21/6/2021), RSLI total sudah melayani 8.016 pasien dan telah berhasil menyembuhan 7.342 orang. Tingkat kesembuhan 96,76 persen dengan angka kontribusi tingkat Nasional 0,44 persen, Jawa Timur 5,09 persen dan Surabaya 31,83 persen. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.