Dua Hari Pasca Dibuka Lagi, Wisata Perahu Kalimas Langsung Banjir Peminat

Yovie Wicaksono - 3 June 2022
Wisata Perahu Kalimas Banjir Peminat. Foto : (Super Radio/Hamidiah Kurnia)

SR, Surabaya – Terjadi lonjakan signifikan pasca Pemkot Surabaya membuka kembali susur sungai malam hari di Wisata Perahu Kalimas Surabaya. 

Tercatat, hingga Rabu (1/6/2022) jumlah pengunjung mencapai 2.500 orang. Angka ini, jauh meningkat dibanding akhir pekan dan libur nasional yang hanya di kisaran 700-1.000 wisatawan.

Tingginya animo masyarakat juga tampak dari ludesnya tiket di hari kedua pasca launching.

“Kita buka pemesanan tiket secara online sampai pukul 20.30 WIB dan tadi di cek semua jam sudah terjual habis,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengelolaan Obyek Wisata THP Kenjeran, Rusdi Ismet, Kamis (2/6/2022).

Rusdi menyebut, hal ini menunjukkan suatu kemajuan setelah wisata tersebut sempat vakum cukup lama akibat pandemi Covid-19.

Karena itu, berbagai inovasi telah disiapkan. Mulai dari mempercantik taman dengan lampion, memasang lampu hias di perahu, hingga menambah gemerlap ikon-ikon di sepanjang rute susur sungai.

“Total kita siapkan 7 perahu. Untuk para penumpang nanti harus mengenakan pelampung, kondisi perahu juga maksimal 12 orang ditambah driver dan co driver jadi 14 orang,” ujarnya.

Selain itu, wisatawan juga disuguhkan  perahu apung UMKM di pinggir dermaga yang siap menjajakan dagangannya.

“Kita juga pasang UMKM apung. Jadi ketika menuju dermaga taman prestasi, driver dan co driver menginfokan ke penumpang yang ingin belanja UMKM, mereka akan merapat,” tuturnya.

Dari hal ini, ia berharap kedepannya ada pengembangan rute yang dibarengi dengan ketersediaan SDM dan perahu, sehingga dapat menarik lebih banyak wisatawan luar kota untuk ikut berlibur di Surabaya.

“Karena kami yakin animo masyarakat sangat antusias dengan dibukanya kembali wisata malam ini. Kami berharap nanti dari hari Sabtu pengunjung luar Surabaya juga hadir,” pungkasnya. (hk/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.