DPRD Surabaya Siap Kawal Kebijakan Pembukaan RHU

Yovie Wicaksono - 23 March 2021
Sekretaris Komisi A DPRD Kota Surabaya Budi Leksono. Foto : (Superradio/Fena Olyvira)

SR, Surabaya – Setelah sekira satu tahun ditutup dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Pemkot Surabaya tengah bersiap membuka Rumah Hiburan Umum (RHU).

Menanggapi hal itu, Sekretaris Komisi A DPRD Kota Surabaya Budi Leksono mengatakan siap mengawal apapun yang menjadi program Pemerintah Kota, termasuk keputusan-keputusan yang tertuang dalam Peraturan Wali Kota (Perwali).

“Kami siap mengawal. Saya juga berharap dengan rencana dibukanya RHU ini sudah lega rasanya, karena mereka (pekerja di lingkungan RHU, red) banyak menjerit di dewan untuk segera dibuka dan mereka menyatakan siap mematuhi protokol kesehatan,” ujar pria yang akrab disapa Bulek ini, Senin (22/3/2021).

Ia mengatakan, kebijakan ini menjadi kabar baik bagi masyarakat Kota Surabaya yang selama ini menggantungkan hidupnya di bidang tersebut.

“Saya tidak melihat dari pengusahanya, tapi yang jelas ini adalah efek atau dampak bagi mereka yang bekerja di dalam, mereka kan warga Kota Surabaya, seperti pelayannya, juru parkir, satpam, dan lainnya ini kan perlu diperhatikan,” tandasnya.

Bulek menilai, apabila RHU kembali dibuka, akan bisa sedikit memulihkan perekonomian di Kota Surabaya.

Terkait deposit Rp100 juta sebagai bentuk komitmen pengelola agar tertib protokol kesehatan, Bulek meminta untuk kembali dievaluasi.

“Masalah deposit atau denda saya rasa juga harus dievaluasi. Karena dikhawatirkan nanti ada oknum yang mencari-cari kesalahan sehingga akhirnya deposit itu hangus,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya, Irvan Widyanto mengatakan, Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi rencananya akan mensosialisasikan secara langsung standar operasional peraturan pembukaan RHU kepada pengusaha pada Selasa (23/3/2021).

Setelah itu, ditargetkan resmi dilaksanakan pada hari yang sama. Kemudian, Perwali terkait pembukaan RHU akan diresmikan pada Rabu (24/3/2021). (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.