Simak Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi, Ini Kata Gubernur Jatim

Yovie Wicaksono - 16 August 2023

SR, Surabaya – Gubernur Provinsi Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengaku kagum pada pidato kenegaraan Presiden RI Joko Widodo yang disiarkan langsung di rapat paripurna DPRD Jatim, Rabu (16/8/2023).

Dalam pidato tersebut Presiden menyebutkan berbagai capaian Indonesia, mulai dari percepatan pembangunan, hilirisasi industri manufaktur, hingga meningkatnya publik trust internasional.

“Dengan berbagai capaian pembangunan yang sudah disampaikan, bahwa hilirisasi dari pertambangan akan memberi nilai tambah yang signifikan,” ujar Khofifah.

Menurutnya, keberhasilan ini tak lepas dari peran serta semua pihak. Di Jawa Timur sendiri, pihaknya sudah mengembangkan beberapa hal. Terbukti, selama tiga tahun terakhir Jatim dipercaya menjadi lumbung pangan untuk beberapa daerah.

“Kita bersyukur tiga tahun berturut-turut produksi pangan padi dan daging sapi itu tertinggi,” ujarnya.

Jatim pun, kata Khofifah, siap mendukung perkembangan hilirisasi manufaktur industri yang telah dicanangkan. “Ketika hilirisasi makin masif maka kesejahteraan masyarakat melalui pertumbuhan ekonomi Hijau jadi satu kesatuan dalam membangun Indonesia,” tuturnya.

Hal serupa disampaikan Wakil Ketua DPRD Jatim Anwar Sadad. Menurutnya capaian Indonesia dimasa kepemimpinan Jokowi mengalami peningkatan. Dikatakan, progress indeks pembangunan manusia menjadi 72,9 persen dan angka stunting turun menjadi 21,9 persen di tahun 2022.

Dengan capaian ini, lanjutnya, bukan tak mungkin target Indonesia emas 2045 dapat tercapai. “Terkait pidato pak Jokowi tadi luar biasa, Jokowi menggambarkan betapa kita itu negara yang kuat karena itu harus ada strategi yang kuat juga agar menjadi kekuatan bangsa,” ujarnya.

Untuk itu diperlukan komitmen bersama menciptakan SDM yang unggul dan mampu mengelola kekayaan alam dengan baik. “Fokus beliau adalah sumber daya manusia karena kekayaan alam yang kita punya harus dikelola dengan baik. Bagaimana anak muda bisa mengelola itu dengan berbagai kebijakan,” pungkasnya. (hk/red)

Tags: , , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.