DLHKP Gandeng Pelajar Lakukan Penanaman Ratusan Bibit Pohon di Lereng Gunung Klotok

Yovie Wicaksono - 12 January 2022
DLHKP Gandeng Pelajar Lakukan Penanaman Ratusan Bibit Pohon di Lereng Gunung Klotok. Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Merespon banyaknya peristiwa banjir dan tanah longsor saat musim penghujan diberbagai daerah, Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Kota Kediri melakukan gerakan penanaman bibit pohon di lereng Gunung Klotok, Selasa (11/1/2022). Adapun lahan yang ditanami tersebut  merupakan milik SMA Negeri 5 Taruna Brawijaya Kediri.

Selain petugas DLHKP, ratusan pelajar SMA Negri 5 Taruna Brawijaya juga ikut dilibatkan dalam giat penanaman ratusan bibit pohon ini. Pada umumnya jenis bibit pohon yang ditanam ini memiliki fungsi sebagai peneduh, pengikat air, serta pengikat tanah, seperti trembesi, bringin, ketapang kencana dan buah-buahan.

Kepala DLHKP Kota Kediri Anang Kurniawan mengatakan, gerakan penghijaun yang bertepatan dengan hari Gerakan Satu Juta Pohon yang diperingati setiap 10 Januari ini sengaja ia fokuskan menyasar lembaga pendidikan.

“Ini kan ada momentum peringatan Gerakan Satu Juta Pohon, karena itu kita lakukan penghijaun, yang hari ini kita fokuskan ke lembaga Pendidikan,” ujar mantan manager Persik Kediri ini.

Anang Kurniawan menyebut, penanaman bibit pohon ini dilakukan secara bertahap mulai Senin (10/1/2022) hingga Selasa (11/1/2022) dengan jumlah ratusan pohon.

“Secara simbolis yang kita tanam itu sekitar 50, dari total kemarin sekitar 180 sekian bibit tanaman jenis perdu dan buah. Jenisnya ada ketapang kencana, buah-buahan. Kita harapkan diusia anak sekolah, kepedulian terhadap lingkungan dan menanam pohon mulai tumbuh,” ujarnya.

Selain Kepala DLHKP Kota Kediri Anang Kurniawan, acara tersebut juga dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Kediri, Ferry Jatmiko. Mantan Kepala Dinas Perhubungan itu datang mewakili Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, yang berhalangan hadir.

“Tujuanya ya untuk membudidayakan tanamam. Disamping itu juga kita didik generasi penerus ini untuk peduli terhadap lingkungan. Apalagi sekarang kan tahu sendiri banyak sekali musibah bencana longsor dan banjir di berbagai daerah,” ujar Ferry Jatmiko. (rh/red)

 

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.