Dirlantas Polda Jatim Cek Jalur Mudik Perbatasan

Yovie Wicaksono - 26 April 2022
Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Usman Latief saat meninjau jalur mudik di perbatasan Jatim. Foto : (Kominfo Jatim)

SR, Surabaya – Dalam rangka kesiapan Oprasi Ketupat Semeru 2022, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jawa Timur, Kombes Pol Latief Usman bersama pejabat Dit Lantas Polda Jatim melakukan pemantauan kesiapan Pos Pelayanan (Pos Yan) dan Pos Pengamanan (Pos Pam) di perbatasan atau pintu masuk Jawa Timur, pada Minggu (24/4/2022).

Kombes Pol Latief menyampaikan, untuk menyambut arus mudik maupun balik, maka jalur-jalur alternatif dan rekayasa lalu lintas di Lamongan yang dilalui oleh pemudik perlu disiapkan dengan matang.

“Jalur-jalur alternatif dan rekayasa lalu lintas di Lamongan yang dilalui pemudik ini perlu disiapkan secara matang untuk mengurangi kemacetan saat arus mudik maupun arus balik lebaran,” katanya dalam keterangan tertulis, Senin (25/4/2022).

Lebih lanjut, Kombes Latief menjelaskan, pengecekan ini dilakukan melalui Elektronik Tactical Map Game (E-TMG). Selain itu, ia juga memberikan saran dan masukan kepada jajaran personel Satlantas Polres Lamongan agar mengikuti petunjuk pimpinan terkait tindakan Represif Edukatif kepada masyarakat.

“Tindakan Represif Edukatif kepada masyarakat diatur menggunakan Janur Kuning, dan optimalisasi penindakannya menggunakan ETLE maupun ETLE Mobile/ Incar, serta Pos Pelayanan untuk masyarakat pemudik ini haruslah nyaman dan aman dengan inovasi-inovasi pelayanan prima,” terangnya.

“Memastikan seluruh masyarakat yang akan memasuki Rest Area atau mendekati Pos Pam dan Pos Yan akan mendapat pemberitahuan bahwa ada Layanan Vaksinasi di Pos Yan Pam atau Yan tersebut,” lanjut Dirlantas Polda Jatim

Kombes Pol Latif pun mengimbau masyarakat tidak mudik pada hari-hari mendekati lebaran agar tidak terjadi penumpukan kendaraan. 

“Kita lakukan pengecekan, untuk antisipasi betul Mudik lebaran. Alhamdulilah kita lihat bersama sama pos pos pelayanan dan pengamanan sudah siap dan diharapkan masyarakat pemudik bisa mulai mudik sekarang, tidak pada nanti mulai tanggal 28 April,” ujarnya.

Selain di Jalur Pantura, Dirlantas Polda Jatim juga melakukan pengecekan di pintu masuk Jawa Timur, yakni di pelabuhan Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Ketapang Banyuwangi.

Ia mengatakan, situasi Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran (Kamseltibcar) lalu lintas Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi terpantau normal dan lancar terkendali.

“Arus lalulintas di depan pelabuhan ASDP Ketapang cukup ramai namun masih tetap lancar terkendali. Tidak terjadi penumpukan arus penyeberangan di pintu masuk pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi,” paparnya.

Sampai dengan saat ini, menurutnya belum ada lonjakan arus lalu lintas yang signifikan menuju Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi.

“Seluruh kendaraan yang masuk terpantau normal dan lancar ke dermaga yang beroperasional,” sambungnya.

Berdasarkan hasil pantauan Dirlantas Polda Jatim, dinamika arus mudik lebaran 2022 baik jalur arteri dan jalur tol wilayah Jawa Timur sampai dengan Minggu (24/4/2022), belum terjadi lonjakan arus mudik. Arus lalu lintas berjalan lancar tanpa hambatan sedikitpun. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.