Di Tengah PPKM Darurat, Puskesmas di Surabaya Buka 24 Jam

Yovie Wicaksono - 12 July 2021
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Foto : (Humas Pemkot Surabaya)

SR,Surabaya – Pelayanan Kesehatan Masyarakat (PKM) Puskesmas di Surabaya mulai hari ini selama 24 jam termasuk dengan fasilitas ambulance. Dengan pemberlakuan 24 jam ini, nantinya, ketika ada warga degan hasil swab antigen positif di PKM, maka secara otomatis akan dirujuk ke tempat perawatan khusus untuk gejala ringan dan Orang Tanpa Gejala (OTG).

Saat ini, pemkot telah menyediakan dua lokasi perawatan khusus di Hotel Asrama Haji (HAH) dan RSLT.

“Di lantai atas (RSLT) itu ada dua tempat. Itu akan digunakan untuk pasien Covid-19 yang gejala ringan dan OTG,” kata Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, Senin (12/7/2021).

Sementara itu, apabila ada pasien yang mengalami gejala sesak napas, warga bisa mendapat perawatan intensif melalui Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD dr Soewandhie.

Menurutnya, pola rujukan seperti ini diterapkan untuk memaksimal layanan kesehatan di Kota Pahlawan.

“Sehingga harapan kami warga Surabaya kalau ada yang sesak, butuh pertolongan, bisa langsung ke RSUD dr Soewandhie. Sehingga pelayanan IGD kita bisa maksimal untuk warga Surabaya yang mengalami gejala yang berat,” jelasnya.

Terkait dengan PKM Puskesmas, Pemkot Surabaya juga mendapat dukungan 126 tenaga pengemudi dari Relawan Surabaya Memanggil. Mereka akan diperbantukan di setiap Puskesmas untuk memberikan layanan operasional ambulance selama 24 jam. (ng/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.