Cegah Katarak, Yayasan Paramitra Bentuk Sistem Pelayanan Kesehatan Mata

Yovie Wicaksono - 13 December 2023

SR, Surabaya – Yayasan Paramitra bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Timur berupaya menciptakan sistem pelayanan, sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat di Jawa Timur terkait pentingnya memahami kesehatan mata, salah satunya soal katarak.

Teknis kolaborasi itu dipaparkan melalui agenda bertajuk “Membangun Sistem Kesehatan Mata Yang Komprehensif, Inklusif, dan Replikatif di Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Tuban”, yang digelar di Surabaya, Selasa (12/12/2023).

Direktur Yayasan Paramitra Ashiah Sugianti mengatakan, program ini menggandeng teman – teman difabel, serta organisasi lainnya untuk menciptakan layanan kesehatan mata yang lebih inklusif.

“Dalam program ini melibatkan peran 1.500 kader yang dibentuk di wilayah Kabupaten Probolinggo dan Tuban,” kata Ashiah.

Ia menambahkan, para kader diterjunkan di setiap wilayah untuk melakukan sosialisasi. Namun, jika ditemukan kasus katarak maka dilakukan pendampingan sampai mendapatkan penanganan medis.

Namun, pada 2024 Paramitra sudah mempersiapkan sejumlah daerah lainnya untuk disasar program tersebut. “Pihak kami tawarkan dulu ke daerah lain, yang responsif seperti daerah Ngawi, Magetan, Madiun. Kemudian, sudah ditindaklanjuti dan dilakukan asesmen bersama,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Farida Cahyaning mengatakan, langkah – langkah yang diambil Paramitra dapat memberikan dampak positif pada percepatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Misalnya, soal pencegahan katarak apa saja upaya yang dilakukan agar seseorang tidak terkena katarak. Jadi, kami berikan edukasi kepada masyarakat,” pungkas Farida. (ag/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.