Cegah Corona, BI Kediri Tiadakan Layanan Penukaran Uang Keliling

Yovie Wicaksono - 5 May 2020
Ilustrasi. Foto : (Antara)

SR, Kediri – Kantor Perwakilan wilayah Bank Indonesia (BI) Kediri menyiapkan pemenuhan kebutuhan  uang tunai sebesar 4,38 Triliun selama Ramadan hingga Idulfitri 2020. Penyediaan pemenuhan kebutuhan uang tersebut termasuk diperuntukan bagi pelayanan penukaran uang.

Namun, demi memperhatikan aspek kemanusiaan dan kesehatan masyarakat dalam mencegah penyebaran Covid-19, BI Kediri meniadakan penukaran uang melalui kas mobil keliling yang dinilai dapat mengundang kerumunan massa dalam jumlah banyak.

Kepala Kantor Perwakilan wilayah BI Kediri, Sofwan Kurnia mengatakan, layanan pemenuhan kebutuhan Uang Pecahan Kecil (UPK) kepada masyarakat hanya disediakan melalui loket di bank.

“Penukaran untuk masyarakat akan dilayani oleh 66 kantor cabang bank di seluruh wilayah kerja Kantor Perwakilan wilayah BI Kediri terhitung mulai 29 April sampai dengan 20 Mei 2020,” ujarnya, Selasa (5/5/2020).

Terkait hal tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dan meminta perbankan agar dalam memberikan layanan ini tetap menegakkan protokol pencegahan Covid-19 secara ketat yang telah ditetapkan pemerintah, antara lain penggunaan masker, pemindaian suhu tubuh, dan penerapan physical distancing.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk senantiasa mematuhi protokol pencegahan Covid-19 dan memperhatikan kebijakan yang diterapkan pemerintah daerah setempat.

Sekedar informasi, penyediaan pemenuhan kebutuhan uang tunai selama Ramadan hingga lebaran tahun ini mengalami penurunan jika dibandingkan tahun lalu.

“Turun sebesar 14 persen dibandingkan periode tahun lalu. Kebutuhan tersebut telah memperhatikan antisipasi kebutuhan selama bulan Ramadan, libur Idulfitri tahun ini, serta kebijakan dan stimulus Pemerintah kepada masyarakat selama periode penanganan dampak pandemi Covid-19, termasuk pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB),” ujarnya.

“Kebutuhan uang tunai (outflow) tertinggi pada periode Ramadan maupun Idulfitri tahun ini akan terjadi pada Minggu ke-2 bulan Mei 2020, karena bersamaan dengan pembayaran gaji dan THR pegawai ASN/TNI/POLRI Golongan 3 ke bawah,” imbuhnya. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.