Cara Mengatasi Gigi Berwarna Kuning

Yovie Wicaksono - 20 October 2021

SR, Jakarta – Gigi berwarna kuning tak selalu pertanda tak sehat. Mereka yang memiliki gigi kuning disarankan tetap menjaga kebersihannya termasuk juga mulut. Para ahli merekomendasikan orang-orang menyikat gigi dan flossing secara teratur, ditambah obat kumur bila diperlukan.

Dalam hal pasta gigi, dokter gigi Sameet Hindocha seperti dikutip dari Live Science, menyarankan pasta gigi dengan kandungan arang aktif untuk membantu menghilangkan noda lebih efektif dan menjaga gigi lebih putih.

Dia juga menyarankan orang-orang rutin memeriksakan ke dokter gigi mengenai pasta gigi yang tepat.

Selain itu, untuk dapat membantu memperbaiki penampilan gigi, sebaiknya berhentilah merokok jika sebelumnya punya kebiasaan ini dan mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang menodai gigi seperti kopi.

Bila membutuhkan pilihan lain, memutihkan gigi mungkin bisa dilakukan. Direktur sekaligus dokter gigi di Serene Dental and Facial Aesthetics, Safa Al-Naher mengatakan, memutihkan gigi dapat membuat peningkatan yang signifikan pada penampilan gigi yang memberi banyak orang dorongan kepercayaan diri.

Tetapi dia menekankan pentingnya berkonsultasi dulu dengan dokter gigi demi keamanan.

Di sisi lain, perawatan pemutihan gigi tidak mengubah warna mahkota. Belum lagi ada efek samping yang umum dari pemutihan gigi yakni sensitivitas dan iritasi gusi.

Kemudian, karena gigi setiap orang berbeda, waktu yang dibutuhkan untuk memutihkan akan bervariasi. Hindocha menuturkan, warna asli gigi dapat kembali dari waktu ke waktu tergantung pada diet yang dilakukan. (*/ant/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.