Bintang Toejo Kembangkan Jahe Merah di Trenggalek, Gus Ipin Jadi Saksi

Yovie Wicaksono - 3 June 2021
Ilustrasi.

SR, Trenggalek – Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menjadi saksi kerjasama PT. Bintang Toejo dengan BUMDesma Sari Bumi dalam pengembangan komoditas jahe merah di Kecamatan Pule, Kamis (3/6/2021). Kerjasama ini diharapkan bisa mengangkat perekonomian masyarakat setempat.

“Ini ikhtiar kita untuk mengangkat perekonomian di Kecamatan Pule. Beberapa waktu yang dulu diwilayah Pule sempat terangkat perekonomiannya terangkat dengan Janggelan, kini ada lagi emas hijau (jahe merah) yang bisa kita optimalkan untuk mengangkat perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Bupati yang akrab disapa Gus Ipin ini, berharap hubungan kerjasama dengan PT Bintang Tojoe tidak hanya sekadar hubungan antara penjual dan pembeli saja, melainkan ada kelembagaan yang baik, dengan menjaga kualitas jahe yang akan diproduksi. Sehingga para petani Jahe di Kecamatan Pule tidak lagi kesulitan menjual hasil panennya.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Koperasi dan UMKM Bappenas Ahmad Dading Gunadi berpesan agar semua pihak bisa menjaga komitmen sehingga bisa saling menguntungkan.

“Semua pihak yang terkait dalam kerjasama untuk bisa saling mengisi, memperkuat dan menjaga sehingga kerjasama ini bisa berjalan langgeng,” terangnya.

Saat ini,imbuh Dading, Bappenas tengah fokus menyiapkan portofolio pengembangan wilayah seperti yang dilakukan di Desa Pule saat ini.

Di sisi lain, pengembangan komoditas jahe merah di Kecamatan Pule tidak lepas dari peran pendampingan KOMPAK (Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan) kerjasama Pemerintah Australia – Indonesia sejak tahun 2018.

Perwakilan KOMPAK untuk Trenggalek, Bovi mengatakan, bentuk pendampingan yang dilakukan mulai dari penguatan kelembagaan BUMDesma Sari Bumi. Kemudian memfasilitasi kerjsama dengan off taker (seperti kolaborasi dengan Bintang Toedjoe ini).

Begitu juga dengan pembiayaan, yang bekerjasama dengan I-Grow, para petani difasilitasi akses kemudahan pembiayaan yang saling menguntungkan. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.