Bangun Jejaring, Koalisi Surabaya Wani Waras Berkunjung ke Super Radio

Yovie Wicaksono - 27 August 2022

SR, Surabaya – Koalisi Surabaya Wani Waras (Koswara) yang terdiri dari sejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM), organisasi, dan komunitas yang peduli HIV AIDS melakukan kunjungan media (media visit) ke Kantor Super Radio di Surabaya, Sabtu (27/8/2022) siang.

Ketua Presidium Koswara, Dadang Setiawan mengatakan, tujuan kedatangan adalah untuk silaturahmi dan membangun jejaring agar ke depan bisa berkolaborasi bersama.

“Karena seperti yang kita ketahui banyak hal yang telah dilakukan kawan-kawan yang bergerak di isu kesehatan, keberagaman, perempuan dan lainnya ini belum terpublikasi dengan baik di level umum maupun kebijakan. Maka apa yg kita kerjakan ini perlu supporting dari media, salah satunya Super Radio,” ujar Dadang.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Super Radio yang bersedia menerima kunjungan tersebut dan membuka ruang kolaborasi bersama.

“Terima kasih kepada Super Radio yang bersedia menerima kami, membuka ruang yang luar biasa bagi kita untuk bisa terlibat,” ujar pria yang juga tergabung dalam Jaringan Indonesia Positif (JIP) ini.

Perwakilan dari Yayasan Kesehatan Bali (Yakeba), Hamzah menambahkan, dengan adanya kolaborasi, ke depan diharapkan semakin membuka dan memberi ruang informasi kepada masyarakat, terkait kelompok marginal.

“Karena saya yakin banyaknya ketidakadilan yang diterima kelompok marginal itu ya karena masih rendahnya informasi yang didapat masyarakat, belum lagi budaya patriarkinya masih kuat. Jadi diharapkan Super Radio ini sebagai corongnya, memberi informasi dan edukasi,” ujarnya.

Senada dengan Hamzah, Dodik dari Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Jatim mengatakan media memiliki peran penting memberi edukasi kepada masyarakat, khususnya terkait kesehatan seksual dan reproduksi yang tak jarang masih dianggap tabu oleh masyarakat.

“Misalnya edukasi terkait alat kontrasepsi saja di masyarakat itu masih dianggap tabu. Jadi bisa diedukasi terlebih dahulu dari hal-hal kecil terlebih dahulu,” ucapnya.

Sementara itu, Pemimpin Redaksi Super Radio, Yovinus Guntur Wicaksono menyambut baik wacana kolaborasi tersebut.

Menurutnya, selama ini Super Radio telah memberi banyak ruang baik melalui program siaran hingga pemberitaan mulai dari isu kesehatan, perempuan, hingga kelompok marginal.

“Kami sangat terbuka untuk bisa kolaborasi bersama. Semoga ke depan, ada hasil yang baik buat kedua belah pihak,” ujarnya.

Sekadar informasi, turut hadir dalam kunjungan tersebut, perwakilan dari Ikatan Perempuan Positif Indonesia (IPPI) Jatim, Gerakan Gusdurian (GerDu) Suroboyo, Prajurit Pelangi Surabaya, Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) Jatim, dan GAYa Nusantara. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.