Bandara Juanda Prediksi Puncak Arus Balik Tembus 39 Ribu Penumpang

Yovie Wicaksono - 7 May 2022
Bandara Juanda Prediksi Puncak Arus Balik Tembus 39 Ribu Penumpang. Foto : (Super Radio/Hamidiah Kurnia)

SR, Sidoarjo – Geliat puncak arus balik mulai terlihat di Bandara Internasional Juanda pada Sabtu (7/5/2022).

Tercatat, hingga pukul 12.00 WIB ada sekira 17 ribu penumpang, dengan rincian 10 ribu keberangkatan domestik, 5 ribu kedatangan domestik, dan 2 ribu penerbangan internasional.

Dari jumlah tersebut, penerbangan masih didominasi 5 kota yakni Jakarta, Balikpapan, Banjarmasin, Makasar, dan Bali.

“Indikator arus balik sudah terlihat dari hari Kamis, karena keberangkatan domestik itu sampai 14 ribu dan Jumat mencapai 19 ribu,” kata Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura 1 Juanda, Yuristo Ardhi Hanggoro, Sabtu (7/5/2022).

Yuris mengungkapkan, berkaca dari tingginya animo masyarakat saat  mudik, pihaknya memprediksi puncak arus balik akan terjadi hari ini dengan jumlah penumpang 39 ribu orang.

“Masih nunggu sampai jam operasional selesai tapi prediksi kami puncaknya hari ini mencapai 39 ribu. Dan 2 hari kedepan kami prediksi jumlah penumpang masih diatas 30 ribu,” ujarnya.

Untuk itu, beberapa antisipasi telah disiapkan terutama di area keberangkatan. 

General Manager Bandara Internasional Juanda Sisyani Jaffar mengatakan, di jam-jam sibuk, area check in dan ruang tunggu hanya akan boleh dimasuki oleh calon penumpang yang waktu keberangkatannya maksimal 2 jam.

“Bagi penumpang yang sudah tiba di bandara namun waktu keberangkatannya masih lebih dari 2 jam, kami harap dapat menunggu di area lobby keberangkatan,” katanya.

Disamping itu, ia juga telah melakukan koordinasi dengan pihak maskapai dan menyiagakan petugas bandara tambahan untuk melayani kebutuhan pengguna jasa.

“Selain antisipasi secara teknis, kami juga sangat memahami bahwa di tengah peningkatan jumlah penumpang tersebut, kebutuhan pengguna jasa sangat beragam,” tutur Sisyani. (hk/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.