Armuji Tegaskan Pemkot Surabaya Berniatan Kuat Bebaskan Surat Ijo

Yovie Wicaksono - 16 April 2021
Wakil Wali Kota Surabaya, Armuji saat bertemu dengan DPD RI, Kemendagri, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN, di Gedung DPD RI Jakarta, Kamis (15/4/2021). Foto : (Istimewa)

SR, Surabaya – Wakil Wali Kota Surabaya, Armuji menegaskan bahwa Pemkot Surabaya berniatan kuat untuk membebaskan Surat Ijo.

“Selama memenuhi aspek hukum, Surat Ijo akan dilepas. Kami setuju asal ada telaah maupun rekomendasi Kejaksaan serta KPK – RI sehingga tidak menimbulkan masalah hukum di Kemudian hari,” ujar Armuji saat bertemu dengan DPD RI, Kemendagri, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN, di Gedung DPD RI Jakarta, Kamis (15/4/2021).

Armuji mengatakan, Pemkot Surabaya pada Oktober 2020 lalu telah mengirimkan surat kepada Kementerian ATR/BPN namun sampai saat ini masih belum ada jawaban.

Selain itu, Pemkot Surabaya juga telah menuntaskan klasifikasi dan data terkini terkait keberadaan Surat Ijo. Data itu juga sudah dikirimkan ke kementerian.

Armuji mengatakan, dalam hal ini pihaknya tidak ingin Pemkot Surabaya dikambinghitamkan dan dinilai tidak punya niat.

“Kami nawaitunya membantu masyarakat Surabaya. Sekarang saatnya menunggu keputusan kementerian dan lembaga terkait,” kata Armuji.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Ketua DPD RI, La Nyalla Mattalitti menyampaikan akan menindaklanjutinya dengan langkah konkret.

“Kami segera bersurat secara resmi kepada Presiden, sehingga bisa menggelar Rapat Terbatas lintas kementerian untuk membantu penyelesaian masalah Surat Ijo di Surabaya,” kata Nyalla.

Sekadar informasi, tanah Surat Ijo adalah tanah yang diakui sebagai aset milik Pemerintah Kota Surabaya yang dialihfungsikan menjadi lahan bangunan atau rumah warga atau untuk lahan usaha atau fasilitas lain. Warga atau pengguna lahan tersebut harus membayar retribusi sekaligus pajak bumi bangunan kepada Pemkot Surabaya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.