Armuji Dorong BLC Lebih Optimal Beri Pelatihan Digital Marketing ke UMKM

Yovie Wicaksono - 11 July 2022
Wakil Wali Kota Surabaya, Armuji. Foto : (Istimewa)

SR, Surabaya – Wakil Wali Kota Surabaya Armuji mengatakan, sebagai “Smart City” keberadaan Broadband Learning Center (BLC) yang tersebar di perkampungan harus mampu dioptimalkan dengan baik untuk agenda-agenda pemulihan ekonomi.

“Karena tempatnya dekat dengan hunian penduduk, maka di optimalkan. Saya yakin partisipasi masyarakat juga tinggi, apabila ada pelatihan-pelatihan tidak perlu mengundang orang ke tengah kota,” kata Armuji, Senin (11/7/2022).

Dirinya menjelaskan, keberadaan BLC adalah untuk meningkatkan kemampuan masyarakat di bidang teknologi informasi, tidak terkecuali pemanfaatan untuk sarana promosi pelaku UMKM.

“Jadi diperkuat koordinasi antar OPD, baik itu Diskominfo maupun Dinas Koperasi Perdagangan dan UKM untuk berkolaborasi meningkatkan kapasitas ibu-ibu kampung dalam memanfaatkan marketplace digital,” kata Armuji.

Selain itu, ia juga meminta ada target maupun output yang jelas terhadap peserta pelatihan untuk mampu mewarnai marketplace digital lokal maupun internasional. Armuji juga memiliki keyakinan bahwa produk-produk UMKM Kota Surabaya mampu bersaing dari sisi kualitas dengan produk ternama. 

Sekadar informasi, saat ini ada sekira 49 lokasi BLC yang tersebar di seluruh wilayah Surabaya dan masih akan terus bertambah. 

“Lokasinya sangat dekat dengan masyarakat agar mereka mudah menjangkaunya, seperti di kantor kecamatan, kelurahan, taman, bahkan rusun,” ucapnya.

Armuji menambahkan, nantinya materi yang diberikan dalam pelatihan di BLC meliputi aplikasi perkantoran, desain grafis dan video editing, internet for business, internet for education dan yang terbaru adalah fun programming. 

Materi akan disesuaikan dengan kebutuhan peserta, misalnya aplikasi perkantoran untuk anak SD pasti berbeda dengan karyawan, spreadsheet untuk pelaku UKM pasti berbeda dengan mahasiswa. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.