Antisipasi Puncak Penumpang di Masa Liburan, Daop 8 Tambah Empat Perjalanan Kereta

Yovie Wicaksono - 31 October 2020
Ilustrasi Kereta Api. Foto : (Humas Daop 8)

SR, Surabaya – Guna mengantisipasi peningkatan minat masyarakat akan transportasi, PT KAI Daop 8 Surabaya pada 1 November 2020 akan menambah 4 perjalanan kereta api (KA) jarak jauh relasi dari Malang menuju Jakarta serta Surabaya menuju Jakarta dan Bandung.

Adapun keempat perjalanan tersebut adalah KA Majapahit relasi Malang – Pasar Senen, KA Gajayana Fakultatif relasi Malang – Gambir, Mutiara Selatan relasi Surabaya Gubeng – Bandung, dan Sembrani Tambahan relasi Surabaya Pasarturi – Gambir Jakarta.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto mengatakan, dengan adanya penambahan 4 perjalanan KA jarak jauh tersebut, total selama masa liburan panjang di akhir Oktober 2020, PT KAI Daop 8 Surabaya mengoperasikan 26 KA jarak menengah/jauh dan 46 KA lokal.

Untuk keberangkatan awal ada di tiga stasiun, yaitu Stasiun Surabaya Gubeng sebanyak 11 KA, Stasiun Pasar Turi sebanyak  8 KA dan Stasiun Malang  sebanyak 7 KA.

Sementara tujuan dari 26 KA jarak menengah/jauh tersebut diantaranya adalah ke arah Jakarta melalui jalur Utara (lewat Cirebon) sebanyak 14 KA, ke arah Jakarta melalui jalur Selatan (lewat Bandung) sebanyak 3 KA, ke tujuan akhir Stasiun Bandung sebanyak 2 KA, ke arah tujuan Jember/ Banyuwangi sebanyak 4 KA, dan masing-masing 1 KA dengan  tujuan akhir Semarang, Lempuyangan (Jogyakarta) dan  Cilacap.

Mengingat liburan kali ini masih berada di tengah situasi pandemi, Suprapto mengimbau agar para calon penumpang yang akan mengunakan layanan tes cepat Covid-19 di stasiun untuk dilakukan H-1 sebelum keberangkatan.

“Hal ini demi kelancaran perjalanan para penumpang, sehingga tidak terjadi keterlambatan yang bisa membuat penumpang tertinggal perjalanan KA akibat antrean rapid test yang cukup padat,” ujar Suprapto.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau agar para penumpang selalu mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditentukan, baik ketika berada di stasiun maupun di dalam kereta api.

Sekedar informasi, lonjakan penumpang di wilayah KAI Daop 8 Surabaya pada masa libur panjang di akhir Oktober 2020 terlihat sejak 28 Oktober 2020 dengan jumlah penumpang mencapai 16.919 orang, dimana saat hari biasa pada masa pandemi jumlah penumpang biasanya antara 10.000 sampai dengan 12.000 per hari.

Suprapto mengatakan, lonjakan ini akan terus berlangsung hingga 1 November 2020. Diprediksi di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya akan terjadi puncak masa angkutan libur panjang pada 1 November 2020.

Tercatat  selama 4 hari, pada 18-31 Oktober 2020, jumlah penumpang yang naik di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya sebanyak 59.315 orang. Sementara jumlah penumpang yang turun mencapai angka 55.668 orang. Dengan tanggal tertinggi dalam jumlah penumpang yang naik maupun yang turun  terjadi pada 28 Oktober 2020.

“Kita prediksi, puncak jumlah penumpang yang naik maupun turun di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya akan terjadi pada Hari Minggu, 1 Nopember 2020,” ujar Suprapto. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.