Antisipasi Gelombang Pemudik, Pemkot Kediri Tambah Ruang Observasi

Yovie Wicaksono - 19 May 2020
Ruang observasi di Kota Kediri. Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri sudah mempersiapkan  sejumlah prasarana tempat observasi yang digunakan bagi warga dari luar daerah  yang hendak datang berkunjung ke kampung halamanya, di Kediri. Upaya ini dilakukan sebagai antisipasi penyebaran Covid -19.

Jumlah tempat observasi terus ditambah mengingat saat ini mendekati momen lebaran. Selain  Gedung Poltek, Pemerintah Kota Kediri telah menyulap beberapa bangunan besar yang biasanya kerap digunakan untuk event penyelenggaraan olahraga bertaraf nasional, resepsi pernikahan dan ruang aula kantor kecamatan untuk ruang observasi.

Beberapa bangunan yang sudah disiapkan untuk observasi bagi para pemudik tersebut diantaranya Gelanggang Olahraga Jayabaya, Gedung GNI serta ruang Aula Kantor Kecamatan Pesantren.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengatakan jika hingga sampai sekarang dirinya belum menerima laporan terkait adanya gelombang pemudik yang mengarah masuk ke Kota Kediri.

Jika pun ada itu jumlahnya sedikit, one by one. Sejauh ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan tingkat kelurahan, rukun warga (RW) hingga rukun tetangga (RT).

Ia mengatakan, jika nantinya ada tamu atau kerabat yang datang berkunjung dari luar kota  ia berharap adanya peran serta dari masyarakat untuk melapor.

“Informasi yang saya terima belum ada gelombang mudik. Tapi one by one masih ada. Kita sudah kerjasama dengan pak RT,” terangnya.

Bahkan ia melihat, saat ini masyarakat sudah berperan aktif dalam menjaga lingkungannya, masing-masing dengan memberlakukan ronda setiap hari dan jam malam.

Disamping itu, ia menilai masyarakat sudah mulai teredukasi dengan penerapan pola hidup sehat, jaga jarak, rutin cuci tangan, serta pakai masker jika keluar.

“Malah justru di Kediri ini kampung-kampung melock sendiri. Ada jam malam sendiri secara masing-masing. Di Kota Kediri lumayan masyarakatnya sudah teredukasi,” katanya. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.