Asbak Kotor untuk Indonesia 

Yovie Wicaksono - 26 July 2019

SR,  Jakarta – Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA) menganugerahkan Penghargaan Asbak Kotor Untuk Indonesia tahun 2019 kepada Menteri Kesehatan (Menkes),  Nila F Moeloek yang dinilai gagal dalam melindungi anak-anak Indonesia dari bahaya asap rokok.

“Penghargaan ini kami berikan sebagai wujud kekecewaan masyarakat terhadap kinerja Menteri Kesehatan. Karena Menkes gagal total untuk memenuhi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN)  yang menargetkan penurunan prevalensi perokok anak yaitu sebesar 5,4 persen,” kata Ketua FAKTA,  Azas Tigor Nainggolan saat melakukan aksi di depan kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta,  Jumat (26/7/2019).

“Pada kenyataannya justru berdasarkan Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) 2018 naik pesat sebesar 9,1 persen dari angka sebelumnya 7,2 persen pada tahun 2013,” lanjut Tigor.

Penghargaan ini juga dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli lalu. Karena anak telah menjadi korban bahaya asap rokok.

“Kami menuntut Presiden untuk segera mengaksesi Framework Convention on Tobacco Control sebagai bagian dari amanat kesepakatan Global Sustainable Development Goals dan implementasi Konvensi Internasional tentang Perlindungan Anak. Kami juga mendesak Presiden untuk memilih Menteri Kesehatan Periode 2019-2024 yang berani dan lantang menyuarakan isu kesehatan terutama isu pengendalian tembakau dan terwujudnya anak Indonesia yang unggul,” kata Tigor.

Sekedar informasi, aksi tersebut dihadiri perwakilan dari seluruh warga Jakarta yang berasal dari berbagai daerah.  (ns/red)

 

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.